25 Font Logo yang Harus Diketahui Setiap Desainer

‘Jenis desain adalah tentang fungsi. Menggambar bentuk yang bagus saja tidak cukup. ‘ – James Todd

Seringkali kita memikirkan warna dan gambar dalam desain grafis, terutama dalam logo. Tetapi font logo adalah elemen desain yang sama pentingnya. Bahkan, banyak logo perusahaan ikonik berbasis tipografi. Jika logo memiliki nama bisnis, keberhasilan desainnya tergantung pada penggunaan font yang terampil. Untungnya, beragam font dapat diakses untuk membuat pilihan yang benar.

Hanya seorang desainer grafis yang terlatih dan berpengalaman yang dapat memasukkan font sempurna seperti itu dalam desain. Seorang desainer yang terampil memahami bagaimana memberikan bentuk yang berbeda pada jenis huruf konvensional dapat membuat desain yang unik. Sebagai contoh, banyak logo telah memberikan tampilan baru pada huruf-huruf klasik. Logo Coca-Cola adalah salah satu contoh cemerlang tentang bagaimana huruf dapat menciptakan identitas merek. Menurut entrepreneur.com, tipografi yang kuat adalah salah satu tips kunci untuk desain logo pemenang penghargaan. Ini terutama karena jenis huruf itu sendiri berfungsi sebagai visual.

Jadi, apakah logo bisnis Anda berdasarkan tipografi? Jika ya, maka lihat dan cari tahu apakah itu benar menggunakan kekuatan jenis huruf. Pastikan font yang digunakan dalam logo perusahaan Anda sinkron dengan kepribadian merek Anda.

Font yang bagus membuat semua perbedaan! Font logo Anda memainkan peran penting dalam membentuk citra bisnis Anda. Percaya atau tidak, jenis huruf logo Anda bercerita tentang logo merek Anda sebelum kata-kata itu muncul. Dan pilihan font Anda dapat membuat atau menghancurkan desain logo Anda.

Tetapi dengan begitu banyak font di web pada platform yang berbeda, mungkin sulit bagi seorang desainer untuk memilih satu font untuk logo. Namun, ada beberapa font yang harus dimiliki para desainer dalam koleksi mereka untuk membuat kesan pertama!

Inilah Daftar 25 Font Logo Yang Harus Diketahui Setiap Desainer

01. Garamond

Ini bukan font tunggal tetapi keluarga tipografi serif lama. Font ini memiliki keterbacaan yang sangat baik dan elegan. Jenis huruf yang berbeda termasuk Adobe Garamond, Stempel Garamond, EB Garamond, Sabon Next dan ITC Garamond. Ini biasanya digunakan oleh majalah, situs web, buku teks dan teks panjang. Sebuah publikasi Jerman telah menilai jenis huruf ini sebagai yang terbaik kedua di antara semua font. Font ini pertama kali dirilis pada tahun 1989.

font design logo Garamond
Font design logo – Garamond

[DOWNLOAD]


02. Helvetica

Helvetica adalah salah satu font yang paling banyak digunakan dalam berbagai desain grafis. Profesional sangat menyukai font ini. Helvetica telah dibundel dalam komputer pribadi sejak 1984 dan ini adalah salah satu alasan mengapa Helvetica begitu populer. Banyak profesional suka dan tidak suka jenis huruf ini karena alasan sederhana bahwa huruf-huruf dalam font ini terlalu sempit. Namun, pemilihan font yang cermat diperlukan untuk desain logo yang efektif. Font ini tidak dapat digunakan di mana-mana untuk menyampaikan pesan yang dimaksud.

font design logo Helvetica
font design logo Helvetica

[DOWNLOAD]


03. Trajan

Trajan telah lama digunakan dalam poster film Hollywood. Jenis huruf juga merupakan favorit panas bagi banyak desainer yang perlu membuat desain yang berkaitan dengan hukum, pernikahan, agama dan hal-hal tentang masa lalu. Trajan adalah jenis huruf serif gaya lama dan dirancang oleh Carol Twombly pada tahun 1989. Desain jenis huruf ini didasarkan pada ibu kota Romawi. Font ini akan memastikan keserbagunaan desain logo Anda.

font design logo Trajan
font design logo Trajan

[DOWNLOAD]


04. Futura

Futura dikenal karena lingkaran, kotak, dan segitiga yang nyaris sempurna karena didasarkan pada bentuk geometris. Karena bentuk geometrisnya yang unik, tampilan besar, desain perusahaan, buku, dan logo sering menggunakan font ini. Font dianggap oleh banyak orang sebagai yang ideal untuk teks kecil.

font design logo Futura
font design logo Futura

[DOWNLOAD]


05. Bodoni

Jika Anda mencari jenis huruf yang ideal untuk tajuk utama, logo, dan teks dekoratif, maka Bodoni bisa menjadi taruhan terbaik Anda. Ini memiliki serif datar dan un-kurung dan memiliki struktur dasar yang sempit. Ada sapuan tebal dan tipis di font ini dan ada perbedaan antara keduanya. Font ini terlihat estetis karena konstruksi geometrisnya. Pastikan bahwa Anda menyebutkan font ini terutama di brief desain Anda ketika crowdsourcing pekerjaan desain Anda.

font design logo Bodoni
font design logo Bodoni

[DOWNLOAD]


06. Zorus Serif

Zorus Serif diciptakan oleh Jeremie Dupuis, seorang desainer Kanada. Mesin terbang antik font ini memberikan nuansa Gallic yang berbeda. Font ini cocok ketika Anda ingin memberikan kesan cetak dan gaya kuno pada desain Anda. Anda dapat mengakses font ini dalam versi miring dan standar.

font design logo Zorus Serif
font design logo Zorus Serif

[DOWNLOAD]


07. Sabo

Anda dapat dengan aman mencoba font retro Sabo jika desain Anda memiliki tema arcade. Font ini adalah kreasi desainer grafis Philippe Moesch dan memiliki sistem font gaya piksel yang tidak pernah gagal untuk mengesankan serangan dengan gaya kuno yang mengesankan. Font tersedia dalam dua gaya – diisi dan inline.

font design logo Sabo
font design logo Sabo

[DOWNLOAD]


08. Bobbers

Bobber adalah serab pelat. Sepeda motor bobber adalah inspirasi di balik penciptaannya. Jika Anda mencari font unik untuk mengekspresikan emosi zaman dulu, maka jenis huruf ini cocok dengan tagihan Anda dengan desain vintage dan kerennya. Ini adalah font berbasis grid yang bebas digunakan untuk tujuan komersial dan pribadi. Pilih font ini jika Anda ingin memiliki desain berbasis tipe yang unik. Font ini dirancang oleh Lucas Almeida dan Dmitry Goloub.

font design logo Bobbers
font design logo Bobbers

[DOWNLOAD]


09. Akura Popo

Akura Popo harus menjadi preferensi Anda ketika Anda mencari font retro yang mengekspresikan ketangguhan, kekuatan dan keberanian. Ini adalah font serif vintage dan klasik yang paling cocok untuk tajuk, logo, dan kop surat. Jenis huruf ini juga ideal untuk desain bertema olahraga. Font ini tidak hanya merupakan pilihan yang sempurna untuk mendesain logo tetapi juga bagus untuk desain kaos, dan karya kreatif lainnya, terutama ketika Anda ingin membuat pernyataan yang berani.

font design logo Akura Popo
font design logo Akura Popo

[DOWNLOAD]


10. Berlin

Berlin harus digunakan ketika desain grafis Anda membutuhkan jenis huruf yang mengekspresikan gaya geometris. Font ini adalah sekelompok font tampilan dengan tipografi geometris klasik yang berasal dari tahun-tahun awal abad terakhir. Font ini tersedia dalam 4 versi -Berlin, Berlina, Slaberlin dan Uberlin – secara reguler, cetak tebal dan cetak tebal.

font design logo Berlin
font design logo Berlin

[DOWNLOAD]

Baca juga: 50 Font Modern Terbaik untuk Desain Kontemporer


11. Rockwell

Font yang kuat dan berani dengan citarasa vintage memberikannya dampak visual yang hebat sambil tetap dapat dibaca.

Rockwell
Rockwell

[DOWNLOAD]


12. HTF Didot Font Family

Didot adalah jenis huruf Didone dan Serif, yang didirikan oleh Designer Didot pada tahun 1799. Didot keluar dengan berbagai versi jenis huruf ini, salah satunya digunakan dalam logo Giorgio Armani. Font ini cukup umum di industri fashion. Didot menciptakan kesan abadi ketika digunakan dengan warna kontras tinggi.

HTF Didot Font Family 2

HTF Didot Font Family
HTF Didot Font Family

[DOWNLOAD]


13. Universe

Univers adalah jenis huruf sans-serif yang dirancang oleh Adrian Frutiger pada tahun 1954. Ini dikatakan sebagai salah satu pencapaian font terbesar abad ke-20. Font ini memberikan kesan kemantapan, dengan geometri yang sempurna. Font ini berguna untuk semua orang karena bentuknya yang jelas dan terperinci.

Universe
Universe

[DOWNLOAD]


14. ITC Lubalin Graph

Dirancang oleh Herb Lubalin pada tahun 1974, keluarga ITC Lubalin Graph adalah jenis huruf yang kuat dengan bentuk geometris yang berbeda. Font ini tersedia dalam berbagai bobot dan memiliki fitur tambahan serif slab.

ITC Lubalin Graph
ITC Lubalin Graph

[DOWNLOAD]


15. Frutiger

Dirancang oleh perancang tipe Swiss Adrian Frutiger (ya, perancang Univers yang baru saja kita diskusikan), ini adalah jenis huruf sans-serif besar lainnya. Meskipun ditugaskan pada tahun 1968, jenis huruf ini selesai pada tahun 1975 dan digunakan di Bandara Internasional Charles De Gaulle yang baru dibangun di Roissy, Prancis, untuk sistem tanda arah. Ini adalah jenis huruf khas dengan huruf-huruf yang mudah dibedakan satu sama lain. Selain itu, font ini sedang digunakan pada paspor Swiss sejak tahun 1985.

Frutiger
Frutiger

[DOWNLOAD]


16. ITC Bauhaus

Font ini dirancang oleh Edward Benguiat dan Victor Caruso pada tahun 1975. Ini terinspirasi oleh font Universal (1925) dan memiliki tampilan yang bersih dan khas. Tersedia dalam lima bobot, mulai dari yang ringan, sedang, demi, hingga tebal dan berat, ITC Bauhaus memiliki sentuhan kuno di sana.

 

ITC Bauhaus
ITC Bauhaus

[DOWNLOAD]


17. FF Meta

Dibuat oleh Erik Spiekermann pada tahun 1991, ini adalah font sans-serif humanis. Menurut desainer, Spiekermann, FF Meta dimaksudkan untuk menjadi “antitesis lengkap Helvetica”, yang menurutnya “membosankan dan hambar.” Font ini memiliki dampak besar pada desain tipografi pada tahun-tahun berikutnya. Font dengan 11 gaya melengkung dan berirama.

FF Meta Font
FF Meta Font

[DOWNLOAD]


18. FF Blur

Dibuat pada tahun 1992 oleh desainer Inggris Neville Brody, FF Blur adalah sans-serif eksperimental. Neville Brody mengembangkan font ini dengan mengaburkan aneh yang ada di Adobe Photoshop. Itu adalah salah satu tipografi paling klasik dari 90-an dan masih populer di kalangan desainer. FF blur adalah salah satu dari 23 desain yang akan dimasukkan dalam koleksi permanen tipografi digital di Museum of Modern Art, New York.

FF Blur Font
FF Blur Font

[DOWNLOAD]


19. Horizon

Didirikan oleh Bitstream pada tahun 1992, Horizon adalah font geometri eksperimental, sans-serif. Font ini telah terinspirasi oleh serial TV Star Trek. Cakrawala bergaya dan tebal dengan sudut tajam. Ini tersedia dalam wajah biasa dan miring. Yang ini dapat digunakan untuk tugas-tugas desain futuristik.

Horizon Font
Horizon Font

[DOWNLOAD]


20. Big Caslon

Big Caslon adalah jenis huruf kebangkitan dari font Caslon tahun 1600-an. Didirikan oleh Matthew Carter pada tahun 1994, jenis huruf serif ini adalah contoh yang sangat baik dari gaya jenis huruf klasik yang memasuki dunia tipografi digital.

Big Caslon Font
Big Caslon Font

[DOWNLOAD]


21. Sackers Gothic

Sackers Gothic font diciptakan oleh studio desain monotype pada tahun 1994. Ini adalah keluarga font sans serif, berdasarkan pada bentuk huruf Romawi. Itu tajam dan merupakan “pengukir” dan karena itu, tidak ada huruf kecil yang tersedia di keluarga ini. Font Sackers Gothic sangat mudah beradaptasi dengan logo atau dalam pesan sosial atau dalam desain sampul buku.

Sackers Gothic Font
Sackers Gothic Font

[DOWNLOAD]


22. FF Din

Dirancang oleh Albert-Jan Pool pada tahun 1995, jenis huruf sans-serif ini pertama kali digunakan untuk mengidentifikasi mobil kereta api di Jerman. Ini didasarkan pada nomor font Organisasi Standar Jerman asli DIN 1451, yang ditugaskan untuk digunakan dalam administrasi dan signage publik Jerman. Keluarga jenis huruf memiliki 20 variasi.

FF Din Font
FF Din Font

[DOWNLOAD]


23. Sassoon

Ini lagi-lagi jenis huruf keluarga sans-serif, yang didirikan oleh seorang desainer wanita Rosemary Sassoon pada tahun 1995. Ada ikal di setiap bentuk huruf dalam jenis huruf ini. Jenis huruf ini diteliti untuk anak-anak, terutama untuk buku cerita. Bentuk huruf dari Sassoon cukup ramah.

Sassoon Font
Sassoon Font

[DOWNLOAD]


24. Baltica-2

Font slab serif ini dibuat oleh Vera Chiminova dan Isay Slutsker pada tahun 1998. Namun, mirip dengan sans serif. Selain dari logo, font ini dapat digunakan dalam iklan, majalah komik, poster, dan berita utama.

Baltica-2 Font
Baltica-2 Font

[DOWNLOAD]


25. FF Avance

Ini adalah salah satu tipografi misterius karena tidak ada yang tahu dari mana font tersebut berasal. Dirancang oleh Evert Bloemsma pada tahun 2000, jenis huruf Serif ini memiliki gerakan dan energi yang melekat padanya. Font ini dapat bekerja sangat baik jika digunakan dalam logo yang terkait dengan industri mobil.

FF Avance Font
FF Avance Font

[DOWNLOAD]


Kesimpulan

Banyak font bagus yang dapat diakses oleh desainer grafis. Mereka harus memilih font yang dapat mengekspresikan kepribadian merek suatu bisnis. Tetapi memilih font yang tepat bisa rumit karena Anda harus mempertahankan banyak aspek bisnis klien.

Tags : download font logo designfont keren untuk logobest font for logo free downloadfont keren untuk logo gratisfont for logo inspirationdownload font keren untuk logo freedownload font tipografifont design

Sumber: Google.com

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaFont25 Font Logo yang Harus Diketahui Setiap Desainer

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon