Jenis Kain Untuk Bahan Jersey Olahraga

Rhinotec.co.id– Perkembangan di industri fashion memang terbilang sangat pesat dan tak terhindarkan, hal ini membuat bahan dasar pembuatan pakaian  akan terus berkembang. Perkembangan ini disesuaikam dengan  minat konsumen terhadap kebutuhan pakaian atau busana yang nyaman dipakai, hingga harga dari kain itu sendiri. Tak terkecuali produk pakaian olahraga atau yang lebih sering dikenal dengan nama jersey.

Dalam memilih kain untuk produk jersey, juga tidak bisa sembarangan, perlu disesuaikan dengan jenis kegiatan maupun aktivitas olahraga yang dilakukan. Biasanya kain yang akan dipilih adalah kain yang mampu menyerap keringat atau air lebih cepat dan banyak. Nah, jenis kain apasih yang biasanya digunakan untuk printing jersey olahraga? Yuk simak penjelasan selengkapnya di artikel ini!

Jenis-Jenis Bahan Jersey

1. Jersey Drifit

RTEX Rhino Textile Drifit Untuk Jersey Olahraga Futsal dll
RTEX Rhino Textile Drifit. Source: Rhinoindonesia.com

Jenis bahan jersey yang pertama adalah jersey drifit. Jenis jersey drifit ini terbuat dari kombinasi bahan nilon, campuran katun, dan serat polyester. Hal ini membuat, jersey drifit ketika digunakan akan terasa nyaman dan tidak panas. Bahan drifit memiliki kemampuan untuk menyerap air lebih banyak dan lebih cepat, sehingga membuat pakaian  jadi lebih cepat kering. Bahan jersey drifit biasanya digunakan pada kaos-kaos olahraga, seperti jersey sepak bola, bulutangkis, dan lain-lain.

Baca juga: Paket Usaha Custom Jersey Olahraga Modal Terjangkau

2. Spandek Jersey

Bahan jersey spandek
Bahan jersey spandek. source : garduaprint

Jenis bahan jersey yang kedua adalah jersey spandek. Jenis kain satu ini merupakan bahan yang sering digunakan pada jersey olahraga. Kain spandek jersey ini memiliki karakteristik kain yang permukaanya seperti keset, namun serat dari kain jenis ini terbilang halus, sehingga nyaman ketika digunakan.

3. High Twist

Bahan jersey high twist
Bahan jersey high twist. source : gramedia

Ketiga, bahan high twist. Berbeda dengan spandek jersey yang memiliki tampilan tidak mengkilap atau cenderung lembut, maka lain halnya dengan jenis jersey high twist yang lebih mengkilap. Jenis kain ini memang mengkilap, tetapi ketika digunakan akan terasa sedikit panas karena terbuat dari polyester. Maka dari itu, harga dari jenis kain ini cenderung lebih teejangkau.

4. Jersey Rayon

Bahan jersey rayon
Bahan jersey rayon. source : garudaprint

Jenis bahan jersey yang keempat adalah jersey rayon. Bahan jersey ini juga dikenal dengan sebutan spandek rayon. Jenis kain ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai pakaian olahraga, karena kemampuannya dalam menyerap keringat yang cukup baik. Ditambah, teksturnya yang lembut dan lentur membuat kain ini nyaman digunakan untuk kegiatan olahraga.

Baca Juga: Mesin Printing Kain Sublimasi Terbaik 2023

5. Jersey Crepe

Bahan jersey crepe
Bahan jersey crepe. source : gramedia

Jenis bahan jersey yang terakhir adalah jersey crepe. Kain ini memiliki tekstur seperti kulit keruk. Maka dari itu, bagi sebagian orang mengatakan bahwa jersey crepe memiliki tekstur yang cukup unik bila dibandingkan dengan jenis bahan jersey lainnya. Memiliki tekstir sepeeti lulit keruk, bahan ini juga nisa dijadikan kemeja maupun pakaian muslim.

Nah, itu dia 5 jenis bahan yang biasa digunakan untuk jersey olahraga. Untuk pakaian olahraga printing, maka pastikan kain mengandung bahan polyester sebanyak 30% ya, agar hasil cetak sublimasi dapat menempel dengan sempurna. Pastikan kain yang dipilih juga memiliki lualitas terbaik, kalian bisa gunakan kain pilihan dari RTEX yang teruji memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Info lebih lanjut silahkan hubungi Rhinocare di 0811166673.

Dye Sublimation Printing Machine (1)

Pertanyaan Umum tentang Jenis Bahan Jersey [FAQ]

Apa itu Jersey?

Jersey adalah sejenis kain yang terbuat dari serat sintetis atau campuran serat sintetis dan alami. Kain ini memiliki tekstur yang lembut, ringan, dan elastis. Jersey sering digunakan untuk membuat pakaian olahraga, pakaian kasual, dan pakaian anak-anak.

Apa jenis bahan yang digunakan untuk membuat Jersey?

Ada beberapa jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat Jersey, antara lain:

  1. Polyester: Bahan ini tahan lama, tidak kusut, dan cepat kering. Jersey polyester umumnya digunakan untuk pakaian olahraga.
  2. Katun: Bahan ini lembut, nyaman, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Jersey katun biasanya digunakan untuk pakaian kasual.
  3. Rayon: Bahan ini memiliki tekstur yang mirip dengan sutra dan memberikan tampilan yang lebih mewah. Jersey rayon sering digunakan untuk pakaian yang lebih formal.
  4. Spandex: Bahan ini memberikan elastisitas pada Jersey sehingga pakaian terasa lebih nyaman dan pas di tubuh.
Apakah Jersey tahan lama?

Jersey umumnya tahan lama jika dirawat dengan baik. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang tertera pada label pakaian. Hindari mencuci dengan air panas atau menggunakan pemutih yang keras, karena hal ini dapat merusak serat kain dan membuat Jersey menjadi tidak awet.

Apakah Jersey cocok untuk cuaca panas?

Jersey memiliki sifat yang ringan dan dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga cocok untuk digunakan dalam cuaca panas. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin lebih suka menggunakan bahan yang lebih ringan seperti katun pada cuaca yang sangat panas.

Bagaimana cara merawat Jersey?

Untuk merawat Jersey dengan baik, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cuci dengan air dingin atau suhu rendah.
  2. Gunakan deterjen yang lembut dan hindari pemutih yang keras.
  3. Jangan mengeringkan Jersey dengan mesin pengering, sebaiknya digantung di tempat yang teduh untuk menghindari perubahan bentuk.
  4. Jika perlu, setrika Jersey dengan suhu rendah.
Apakah Jersey cocok untuk semua ukuran tubuh?

Jersey memiliki sifat yang elastis, sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai ukuran tubuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap merek atau model pakaian Jersey mungkin memiliki ukuran yang berbeda-beda. Pastikan untuk mencoba pakaian sebelum membeli dan pilih ukuran yang sesuai dengan tubuh Anda.

Apakah Jersey bisa digunakan untuk pakaian formal?

Jersey umumnya digunakan untuk pakaian kasual atau olahraga, namun ada juga Jersey dengan kualitas yang lebih baik dan tampilan yang lebih mewah yang cocok untuk pakaian formal. Jersey dengan bahan rayon atau campuran serat alami lainnya biasanya lebih cocok untuk pakaian formal.

Apakah Jersey mudah kusut?

Jersey memiliki sifat yang tidak mudah kusut, sehingga tidak memerlukan banyak usaha dalam merawatnya. Namun, setiap jenis bahan Jersey mungkin memiliki karakteristik yang sedikit berbeda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang tertera pada label pakaian untuk menjaga keawetan dan keindahan Jersey Anda.

Apakah Jersey cocok untuk semua usia?

Jersey cocok untuk semua usia. Bahan yang lembut dan elastis membuat Jersey nyaman digunakan oleh anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam hal pakaian, jadi pastikan untuk memilih Jersey yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

 

Tags: bahan jersey bola terbaik, bahan jersey drifit, bahan jersey milano, bahan jersey benzema, bahan jersey jilbab, jenis kain jersey printing, kain untuk jersey futsal, bahan jersey polyester


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikelJenis Kain Untuk Bahan Jersey Olahraga

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon