Perlengkapan Sablon Digital Yang Wajib Dimiliki Sebelum Memulai Usaha Custom

PERLENGKAPAN SABLON DIGITAL YANG WAJIB DIMILIKI SEBELUM MEMULAI USAHA CUSTOM – Hi Rhinovers! Bisnis di bidang fashion menjadi salah satu peluang usaha yang paling digemari hampir semua lapisan masyarakat, terutama produk-produk fashion custom. Semakin tingginya permintaan custom pada produk fashion seperti kaos, topi, dan jaket membuat banyak orang menekuni industri sablon digital. Sama halnya dengan teknik sablon manual, sablon digital baik printing maupun cutting juga membutuhkan sejumlah peralatan yang pastinya lebih modern. Nah, berikut adalah beberapa peralatan sablon yang wajib kalian miliki sebelum membuka usaha custom apparel.

Perlengkapan Sablon Digital Untuk Usaha Custom

PERLENGKAPAN SABLON DIGITAL YANG WAJIB DIMILIKI SEBELUM MEMULAI USAHA CUSTOM

Mesin cutting sticker

Mesin cutting sticker merupakan mesin yang biasa digunakan untuk men-cutting bahan seperti stiker atau vinyl atau bahan polyflex. Cara kerja mesin ini pun sangat mudal dan praktis. Kalian hanya perlu memasukkan bahan yang akan digunakan untuk produk fashion-mu, kemudian atur dan sesuaikan dengan gambar dari file yang sudah disiapkan. kemudian secara otomatis mesin cutting akan membuat pola potong sesuai dengan yang sudah diatur sebelumnya.

Pisau mesin cutting

Pisau cutting paling memiliki peran yang sangat krusial dalam dunia sablon digital polyflex, karena hasil yang diperoleh setelah proses cutting selesai merupakan hasil dari pemotongan pisau cutting. Apabila pisau tumpul atau bermasalah maka akan sangat berdampak pada hasil cutting. Selain itu pisau harus berada pada posisi yang sesuai dengan dudukan pisau atau biasa disebut blade holder.

Mesin press kaos

Salah satu peralatan pendukung sablon digital lainnya adalah mesin heat press. Mesin ini menjadi perlengkapan wajib untuk para pelaku bisnis sablon kaos digital. Kenapa? Karena proses press merupakan proses penentu hasil akhir kaos custom yang kalian produksi.

Bahan polyflex

Polyflex atau heat transfer film adalah sejenis bahan sablon yang terbuat dari vinyl, memiliki tekstur seperti stiker. Polyflex memiliki daya rekat yang kuat dan mudah digunaka.. Bahan inilah yang nantinya akan di-press ke media kaos yang sudah kalian siapkan. Polyflex biasa diaplikasikan pada media-media seperti kaos, hoodie, jaket, dan topi.

Baca Juga: Jenis Polyflex Dalam Dunia Sablon Digital

Transfer paper

Perlengkapan sablon digital selanjutnya adalah kertas transfer paper biasanya digunakan untuk mencetak gambar, desain atau logo yang sebelumnya telah dicetak dengan printer, dan setelah itu kertas dipress ke media kaos dengan menggunakan mesin press kaos.

Masking tape

Masking tape merupakan stiker transparan yang  berfungsi untuk membantu pemindahan bahan polyflex printable, serta dapat digunakan untuk menggabungkan stiker atau vinyl yang dapat membantu proses penempelan stiker. Masking tape ini tahan panas hingga suhu 200 derajat Celcius dan dapat digunakan berkali-kali.

Polyflex Remover

Polyflex remover adalah cairan spray yang dapat digunakan untuk melepas atau bahan polyflex yang sudah menempel pada media garmen. Jadi kalian tidak perlu repot saat terjadi kesalahan penempelan bahan polyflex pada kaos kalian.

Nah, itu tadi beberapa perlengkapan sablon digital yang harus kalian miliki untuk memulai usaha sablon custom Rhinovers. Pastikan semua perlengkapan kalian memiliki kualitas terbaik ya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Rhinovers.

Tags: alat dan bahan sablon digitalcara kerja mesin sablon digitalharga mesin sablon kaos 3dsablon kaos digitalalat sablon plastiksablon kaos digital printingprinter dtgmesin press kaos

Rhinotec adalah salah satu merk dari PT Rhino Indonesia Sukses yang merupakan brand dari mesin cutting plotter, mesin sublime, mesin printing dan mesin press.

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat