Cara Membuat Desain Raster Untuk Sablon DTF

Desain raster merupakan jenis desain yang sering kita temui pada kaos kekiniaan. Membuat  kaos dengan desain raster dengan metode sablon DTF ternyata sangat cepat, mudah, dan anti ribet. Bagaimana cara mengatur settingan untuk menghasilkan design Raster untuk metode sablon DTF? Simak langkahnya di aerikel ini!

Cari desain yang diinginkan

Pertama cari dulu desain yang sedang hype dan usahakan memiliki background yang bewarna hitam, karena inti dari proses raster adalah menghilangkan bagian background hitam dan diganti menjadi hitam dari kaos. Selain itu usahakan juga memilih gambar yang HD, karena semakin besar ukuran file nya, semakin bagus hasilnya.

Buat Workspace

Nah jika desain sudah dipilih, langsung buka aplikasi photoshop dan buat e-workspace. 

Kemudian atur area cetaknya sebesar A3, dan jangan lupa resolusi menjadi 300, agar hasilnya semakin tajam. Lalu, setting warna menjadi CMYK.

Setting File Desain

Selanjutnya, buka file gambar yang ingin l dijadikan raster. Jika resolusi gambar sudah tajam sekitar di atas 2.000px, maka gambar sudah dijamin aman. Jika sudah, pindahkan gambar ke workspace yang sudah dibuat ukuran A3 tadi. Di sesuaikan ukuran dan posisinya.

Selanjutnya kilik kanan layer1, lalu convert menjadi smart object. Jika sudah, klik menu image, lalu pilih duplicate, klik ok. Maka akan ada 2 workspace yang sama. Mulai edit di bagian workspace yang sudah di duplicate ya. Pilih channel, klik load channel as  selection, lalu klik icon mask, maka akan muncul 1 layer namanya Alpha 1. Kilik layer Alpha 1, lalu pilih menu image, bitmap.

Nah ini akan merubah file menjadi l dot atau istilahnya pointilis. Selanjutnya klik oke saja, oke, nah di settingan halfton screen ini, kita bisa atur seberapa detaill kecil dari dot raster tersebut.  Biasanya direkomendasikan gunakan ukuran 15 dan angle 22.5, agar tidak terlalu kecil dot nya. Langsung oke saja setelah itu.

Setelah itu, pilih image lagi, mode, ubah menjadi greyscale. Lalu pilih magic wand tool, select bagian yang berwarna hitan,  drag ke workspace original dan sesuaikan.

Selanjutnya masuk ke layer, dan pilih icon masking, lalu invert. Nah selesai deh!

Video Tutorial Membuat Desain Raster DTF

Nah itu dia langkah-langkah untuk menghasilkan desain raster untuk sablon DTF. Tutorial sablon lainnya bisa langsung cek di YouTube channel Rhino Indonesia ya!


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikel Sablon DTFCara Membuat Desain Raster Untuk Sablon DTF

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon