Apa Itu Sablon DTF? Apa Saja Kelebihannya?

apa itu sablon DTF?

Rhinotec.co.id – Sejak pertengahan 2020 dunia sablon digital sedang di hebohkan dengan metode terbaru untuk sablon yaitu sablon DTF atau sering disebut dengan Direct Transfer Film. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang apa tiu sablon DTF. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Sablon DTF

DTF atau Direct Transfer Film adalah metode sablon yang menggunakan tinta khusus untuk mentransfer gambar keatas kertas fim dengan bantuan lem powder / bubuk lem sebagai perekat untuk menghasilkan gambar diatas kaos atau media lainnya.

Rhinovers harus tahu kalau metode DTF ini tidak hanya digunakan untuk custom kaos tetapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan sablon custom diberbagai media asalkan media tersebut tahan terhadap panas, seperti kaos cotton bamboo, cotton combed, cotton jepang, kanvas, polyester, sweater , dan lain sebagainya.

Mesin Sablon DTF New


Sistem Cetak Sablon DTF

Nah Bagaimana proses membuat sablon kaos digital satuan dengan metode sablon kaos digital transfer film ini, berikut penjelasan singkatnya.

  • Langkah pertama siapkan file siap cetak dalam format PNG atu TIF yang nantinya aka dicetak menggunakan mesin printer sablon DTF yaitu Rhinotec DTF
  • Hasil print tersebut dilumuri dengan Adhesive Powder / bubuk lem sablon/ atau tepung dtf secara merata untuk selanjutnya akan di hotgun supaya lem tepung tersebut meleleh sementara agar menempel dengan tinta putih.
  • Setelah itu siapakan kaos yang siap di press di atas platen mesin press kaos. Untuk pengepresan transfer film ditutup dengan kain teflon untuk hasil maksimal. Suhu yang disarankan adalah 165 derajat delama 10detik saja.
  • Kelupas hasil press tersebut dan lakukan pengepresan ulang denga suhu dan timer yang sama spt yang awal tadi. dan kaos siap dipakai. Perlu di ingat sablon kaos dengan metode sablon DTf tidak bisa di setrika secara langsung.

Kelebihan utama dari sablon DTF ini adalah No Cut No Weed . Jadi kalian bisa melakukan proses sablon secara langsung tanpa perlu lagi melakukan tahapan cutting dan weeding jadi proses produksinya lebih cepat. Sablon DTF (Direct Transfer Film) menggunakan tinta khusus, yaitu tinta pigment  yang dapat mencetak warna yang solid.

Baca Juga : Mengenal Pet Film DTF Dan Kegunaannya

 


Keuntungan Sablon Kaos Transfer Film

Bisnis usaha sablon DTF ( Digital Transfer Film ) ini banyak sekali keuntungannya , antara lain ialah sebagai berikut ini :

  • Kekuatan hasil sablon yang kuat, anti retak dan warna solid
  • sangat cocok untuk cetak logo-logo kecil
  • Hasil cetakan bisa di simpan dan dipakai sewaktu-waktu setelah proses hotgun.
  • bisa dipakai jasa cetak saja, ini biasanya sangat cocok buat pemula yang ingin maklon cetak kaos.
  • transfer gambar di area yang susah di jangkau, DTF sangat recomended.
  • bisa cetak kaos satuan dan ditunggu

 


Memperkenalkan Mesin Rhinotec DTF

DI awal tahun ini Rhino Indonesia kembali menghadirkan mesin sablon digital terbaru yaitu Rhinotec DTF. Rhinotec DTF adalah  Mesin printing digital yang mampu mencetak beragam macam gambar bahkan dalam ukuran detail sekecil apapun dalam satu mesin.

Lihat spesifikasi mesin : Rhinotec DTF 60  |  Rhinotec DTF 60 SS  |  Rhinotec DTF A3  |  Rhinotec DTF UV

Kelebihan Rhinotec DTF

  • Cepat dan Praktis – Karena menggunakan metode Direct Transfer Film (mencetak langsung diatas kertas film )
    tidak lagi memerlukan tahapan cutting dan weeding. Jadi proses produksinya lebih cepat dan efisien.
  • Hasil Lebih Detail – Sangat cocok unutk cetak logo-logo kecil
  • Kuat dan tahan lama – Rhinotec DTF ini dapat menghasilkan sablon yang kuat, stretch, dan warna yang solid
  • Cost produksi rendah – Karena tidak lagi melalui tahapan cutting dan weeding, cost produksi kamupun jadi lebih rendah
  • Prinhead EPSON 13200 – Rhinotec DTF menggunakan Printhead EPSON 13200 untuk menunjang kestabilan produksi dan warna yang dihasilkannya pun lebih maksimal.
  • Memiliki Garansi – Selain itu mesin ini dilengkapi dengan garansi mesin dan printhead selama 1 tahun

Pastikan kamu memilih mesin yang berkualitas dan terpercaya dari Rhinotec untuk menunjang bisnis kamu.

Nah, gimana Rhinovers, sudah tertarik untuk mencoba peruntungan bisnis custom dengan metode terbaru DTF di tahun ini? Untuk  menunjang bisnis kalian, Rhino Indonesia memiliki mesin Rhinotec DTF yang bisa kalian cek langsung di website Rhinotec.co.id . Pastikan kamu memilih mesin dengan kualitas terbaik untuk menunjang bisnis-mu.

 


Rekomendasi Paket Usaha Sablon DTF

Setelah kamu tahu apa itu sablon dtf, tentunya beberapa dari kalian tertarik untuk membuka usaha yang satu ini. Nah untuk kamu yang ingin membuka usaha sablon dtf, berikut ini ada beberapa rekomendasi paket usaha yang bisa menjadi pilihan kamu.

Paket Usaha Sablon DTF A3 Mini

Paket Usaha Sablon DTF A3
PAKET USAHA DTF A3 MINI

Paket usaha yang satu ini sangat cocok banget untuk kamu yang ingin memulai usaha sablon dtf skala rumahan. Dengan menggunakan Double Printhead XP600 membuat kapasitas produksi dalam 1 jam mencapai 3M dan kecilnya pemakaian listrik pada mesin ini hanya 1.400W. Mesin Rhinotec DTF A3 ini dapat menjadi pilihan alternatif kamu.

Info selengkapnya tentang paket usaha ini silahkan KLIK DISINI.

Paket Usaha Sablon DTF

Paket Usaha Sablon DTF
Paket Usaha Sablon DTF

Nah mesin dtf yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya kapasitas usaha sablon skala besar. Dengan paket usaha DTF kamu bisa menghasilkan sablon yang lebih detail, cepat, dan praktis serta cost produksinya pun tergolong rendah. Direct To Film merupakan proses sablon dengan mencetak langsung diatas film, sehingga  tidak lagi memerlukan tahapan cutting dan curring.

Rhinotec DTF ini menggunakan printhead EPSON 13200 yang menunjang kestabilan produksi dan hasilnya pun lebih maksimal. Mesin curring sendiri pun menggunakan system coveyor vacump yang berfungsi ketika Rhinovers melakukan produksi kapasitas kecil maupun besar.

Info selengkapnya tentang paket usaha ini silahkan KLIK DISINI.

 


Bahan Baku Untuk Sablon DTF

Setelah kalian tahu apa itu sablon dtf dan juga mesin serta paket usahanya, ada satu lagi yang perlu diketahui. Yaitu bahan-bahan untuk sablon DTF. Nah, apa saja jenis bahannya? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Tinta Sablon Khusus DTF

Kertas Pet Film DTF

Bubuk Lem Powder ( DTF White Powder )

Bubuk Lem Powder ( DTF White Powder )
Bubuk Lem Powder ( DTF White Powder )

Rhinovers, bahan baku sablon dtf diatas bisa kamu dapatkan di kantor pusat Rhino Indonesia. Kalian juga bisa mendapatkannya di semua distributor Rhino yang tersebar diseluruh kota besar di Indonesia. Diantaranya jakarta, bandung, bekasi, karawang, tangerang, solo, surakarta, bali, malang, surabaya, makassar, medan, pekanbaru, lampung, batam, pekalongan dan kota-kota lainnya.

LIHAT DAFTAR DISTRIBUTOR DISINI

 


Orang juga bertanya

DTF sablon itu apa?

Sablon digital DTF atau sablon DTF adalah teknik sablon digital yang menggunakan printer untuk alat mencetak gambar full color sesuai yang di edit di komputer lalu diaplikasikan di kain dengan cara di-press di mesin press kaos dengan suhu tertentu.

Apa bagus sablon DTF?

Sablon kaos DTF yang diterapkan pada kaos custom satuan memiliki kualitas yang tinggi, hasilnya pun lebih bagus dan halus. Selain itu, sablon ini juga tidak mudah luntur atau rusak karena memiliki daya kekuatan yang tahan lama serta awet bila dibandingkan dengan sablon jenis lainnya.

Apakah sablon DTF luntur?

Tidak Mudah Luntur

Ketika kaos yang menggunakan sablon DTF ini di cuci, sablonan tidak akan mudah luntur. Tetapi perlu kamu ketahui juga jika kaos bersablon akan mengalami penurunan warna seiring dengan lamanya pemakaian dan pencuciannya.

Apa bedanya sablon DTG dan DTF?

Perbedaan utama dari DTF dan DTG terletak pada penggunaan mesin sablonnya. DTF menggunakan Rhinotec DTF, sedangkan DTG dengan printer DTG. Bahan untuk DTF berbentuk lembaran kertas berukuran A3 atau dalam bentuk roll yang terbilang lebih hemat.

Lebih bagus DTG apa DTF?

Hasil cetak DTF sama dengan kualitas hasil sablon DTG yang pekat / tajam. Hasil sablon DTF tidak seperti kertas, tetapi lebih kenyal saat diraba dan tidak mudah retak. Hasil sablon DTF tahan terhadap tarikan, elastis, tahan cuci dan tidak mudah luntur sekalipun di tes cuci dengan cara disikat / dikucek

Apakah sablon DTF bisa disetrika?

Kaos yang memakai sablon dtf aman untuk disetrika, namun untuk semua jenis sablon direkomendasikan dengan membaliknya saat disetrika.

Apakah sablon DTF mudah pecah?

Untuk hasil sablon DTF ini cukup bagus. Sablon tidak akan mudah retak dan sangat elastis. Hasil sablon juga tahan lama meski kaos ditarik sampai berulang-ulang kali.

Show More

Explore Mesin Sablon

RUV
1600DH
RUV A3
DTF 60
A3 DTF
DTF
RGT
160
RGP
60
RGP
160
RCC-01
RBC-01
RC
32ASC
RC
60X
RC
130XA
RC
60XA
RTR
RTC-02
RTP-01
RTP-02
RTP-03
RTP-04
RTM-01
RTS-01
RTM-02
RTM-03
RTC-03
RCT-04
RTT 01
RTD 01
RTL 02
RTL-01
RTT-03
RTT-05
RSM
03
RSM
04
RSM
05
RSM
01
RSM
02
RK-01
×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat