Sablon DTF: Metode Sablon Digital yang Tren di 2023

Apakah Anda tertarik untuk mencoba teknik sablon DTF (Direct to Film)? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu sablon DTF printing dan alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai. 


Rhinotec.co.id – Ditahun 2023 ini dunia sablon digital masih heboh dengan metode terbaru untuk sablon yaitu sablon DTF atau sering disebut dengan Direct Transfer Film. Nah, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang apa itu sablon printing DTF. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Sablon DTF

Sablon DTF atau Direct Transfer Film adalah metode sablon yang menggunakan tinta khusus DTF (Black, Cyan, Magenta, Yellow, White) yang harus ditransfer ke media menggunakan kertas transfer film. Kertas transfer film ini kemudian dilapisi dengan bubuk lem yang akan membantu melekatkan tinta DTF ke media.

Rhinovers harus tahu kalau metode DTF ini tidak hanya digunakan untuk custom kaos tetapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan sablon custom diberbagai media asalkan media tersebut tahan terhadap panas, seperti kaos cotton bamboo, cotton combed, cotton jepang, kanvas, polyester, sweater , dan lain sebagainya.

Dtf printing machine banner HD
Rhinotec Dtf printing machine – Solusi terbaik untuk bisnis cetak dtf

Sejarah Sablon DTF

Hampir setiap hari kita melihat berbagai macam produk dengan desain menarik yang menggunakan teknik sablon. Salah satu metode cetak yang sedang populer adalah sablon DTF printing (Direct to Film). Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah dari metode cetak yang satu ini?

Sablon DTF printing pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an di Amerika Serikat. Pada awalnya, metode cetak ini digunakan untuk mencetak gambar pada kain. Namun, seiring berjalannya waktu, metode DTF juga mulai digunakan untuk mencetak gambar pada berbagai media lainnya seperti kertas, plastik, dan logam.

Seiring perkembangan teknologi, sablon DTF juga semakin berkembang. Saat ini, ada banyak perusahaan yang menyediakan mesin cetak DTF yang lebih canggih dan efisien seperti Rhinotec. Metode cetak ini juga semakin populer di kalangan pengusaha kreatif dan pelaku bisnis yang ingin mencetak produk dengan desain yang unik dan menarik.

Keunggulan sablon DTF

Sablon DTF merupakan teknik cetak yang semakin populer di dunia percetakan. Metode ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak pengusaha dan individu yang membutuhkan cetakan berkualitas tinggi dengan proses yang praktis dan cepat.

1. Kualitas Cetak yang Tinggi

Sablon DTF menghasilkan cetakan dengan kualitas yang sangat baik. Teknologi ini menggunakan tinta khusus yang dapat menyerap dengan baik ke dalam serat kain atau media cetak lainnya. Hasil cetaknya tajam, detail, dan tahan lama. Warna yang dihasilkan juga sangat cerah dan menarik.

2. Cetak di Berbagai Jenis Media

Keunggulan lain dari sablon DTF adalah kemampuannya untuk mencetak di berbagai jenis media. Tidak hanya pada kain, tetapi juga pada bahan seperti keramik, kaca, kayu, plastik, dan masih banyak lagi. Hal ini memungkinkan pengguna sablon DTF untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagai proyek cetak.

3. Proses Cetak yang Praktis dan Cepat

Sablon DTF menggunakan mesin cetak khusus yang memudahkan proses cetak. Cukup dengan memindai desain yang akan dicetak, mengatur media cetak di mesin, dan tunggu beberapa menit, cetakan siap digunakan. Proses ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan metode sablon tradisional yang membutuhkan proses yang lebih rumit.

4. Tahan Lama dan Tidak Luntur

Cetakan sablon DTF memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah luntur. Tinta yang digunakan memiliki sifat yang tahan terhadap sinar UV dan cuaca ekstrem. Hal ini membuat cetakan sablon DTF cocok untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk produk yang akan sering terkena paparan sinar matahari atau cuaca yang ekstrem.

  • Kekuatan hasil sablon yang kuat, anti retak dan warna solid
  • sangat cocok untuk cetak logo-logo kecil
  • Hasil cetakan bisa di simpan dan dipakai sewaktu-waktu setelah proses hotgun.
  • bisa dipakai jasa cetak saja, ini biasanya sangat cocok buat pemula yang ingin maklon cetak kaos.
  • transfer gambar di area yang susah di jangkau, DTF sangat recomended.
  • bisa cetak kaos satuan dan ditunggu

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, tidak heran jika sablon DTF semakin diminati oleh banyak orang. Proses cetak yang praktis, kualitas cetakan yang tinggi, dan kemampuan cetak di berbagai media menjadikan sablon DTF sebagai solusi cetak yang efisien dan berkualitas tinggi.

Kekurangan sablon DTF

Apakah Anda sedang mencari metode sablon yang inovatif untuk mencetak desain pada berbagai bahan? Salah satu opsi yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah sablon DTF (Direct To Film). Namun, seperti halnya metode lainnya, sablon DTF juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Biaya awal yang cukup tinggi
  • Memerlukan mesin dan peralatan khusus

Meskipun sablon DTF memiliki kekurangan-kekurangan ini, tidak berarti metode ini tidak memiliki kelebihan. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sebelum memutuskan metode sablon yang paling cocok untuk Anda. Jika masih ragu, Anda bisa konsultasi dengan Rhinocare di 0811166673.

Cara Kerja Sablon DTF

Nah Bagaimana proses membuat sablon kaos digital satuan dengan metode sablon kaos digital transfer film ini, berikut penjelasan singkatnya.

  • Langkah pertama siapkan file siap cetak dalam format PNG atu TIF yang nantinya aka dicetak menggunakan mesin printer khusus yaitu Rhinotec DTF
  • Hasil print tersebut dilumuri dengan Adhesive Powder / bubuk lem sablon/ atau tepung dtf secara merata untuk selanjutnya akan di hotgun supaya lem tepung tersebut meleleh sementara agar menempel dengan tinta putih.
  • Setelah itu siapakan kaos yang siap di press di atas platen mesin press kaos. Untuk pengepresan transfer film ditutup dengan kain teflon untuk hasil maksimal. Suhu yang disarankan adalah 165 derajat delama 10detik saja.
  • Kelupas hasil press tersebut dan lakukan pengepresan ulang dengan suhu dan timer yang sama seperti yang awal tadi. dan kaos siap dipakai. Perlu di ingat sablon kaos dengan metode ini tidak bisa di setrika secara langsung.

Kelebihan utama dari sablon printing DTF ini adalah No Cut No Weed . Jadi kalian bisa melakukan proses sablon secara langsung tanpa perlu lagi melakukan tahapan cutting dan weeding jadi proses produksinya lebih cepat. Sablon DTF printing (Direct Transfer Film) menggunakan tinta khusus, yaitu tinta pigment  yang dapat mencetak warna yang solid.

Baca Juga : Mengenal Pet Film DTF Dan Kegunaannya

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk sablon DTF

Setelah mesin serta paket usahanya, ada satu lagi yang perlu diketahui yaitu jenis bahannya. Nah, apa saja jenis bahannya? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Printer DTF

Printer ini didesain khusus untuk mencetak gambar pada film DTF. Pastikan printer yang Anda gunakan kompatibel dengan tinta DTF dan memiliki resolusi yang tinggi untuk hasil cetakan yang optimal.

Kertas Pet Film DTF

Bahan lainnya adalah pet film dtf. Bahan yang satu ini bentuknya seperti kertas stiker polos berwarna putih. Kegunaannya adalah sebagai media print desain yang akan di transfer ke media seperti kaos, jaket, totebag, dan lainnya yang berbahan kain. Untuk penjelasan lengkapnya, rhinovers bisa baca artikel ” Mengenal Pet Film DTF Dan Kegunaannya “.

5 Alasan Memilih Pet Film DTF Rhino
Pet Film DTF. Image: Rhino Indonesia

Film ini berfungsi sebagai media untuk mencetak gambar menggunakan printer DTF. Pilih film yang berkualitas tinggi dan memiliki daya rekat yang baik agar transfer gambar berjalan lancar.

Tinta DTF

Seperti jenis sablon lainnya, sablon ini juga memiliki tinta khusus dalam pemakaiannya. Tinta khusus DTF digunakan untuk mencetak gambar pada film. Pastikan tinta yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan cocok dengan printer yang Anda gunakan. Nah, jenis tintanya terbagi menjadi dua yaitu tinta dtf reguler dan tinta dtf lite. Penjelasan lengkapnya bisa rhinovers baca di artikel “Apa Bedanya Tinta DTF Lite dan Reguler?“.

Bubuk Lem Powder ( DTF White Powder )

Bahan DTF selanjutnya ada yang namanya powder dft atau istilah lainnya bubuk lem powder. Bentuknya seperti serbuk tepung. Fungsinya yaitu untuk memberikan lem pada desain yang sudah diprint agar merekat sempurna ke media kain yang ingin di press. Untuk penjelasan lengkapnya, Rhinovers bisa baca artikel DISINI.

Bubuk Lem Powder ( DTF White Powder )
Bubuk Lem Powder ( DTF White Powder )

Mesin Heat Press

Alat ini digunakan untuk mentransfer gambar dari film DTF ke bahan. Mesin press harus memiliki suhu dan tekanan yang tepat agar transfer gambar berjalan dengan baik.

Mesin Press Rhinotec Banner
Mesin Press Rhinotec. Sumber: Rhinotec.co.id

Bahan yang akan Disablon

Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti kain, keramik, atau plastik. Pastikan bahan tersebut memiliki daya serap yang baik agar gambar dapat mentransfer dengan sempurna.

Dengan alat-alat di atas, Anda sudah siap untuk memulai sablon DTF. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk penggunaan masing-masing alat dan bahan dengan teliti untuk hasil yang maksimal.

Bahan baku diatas bisa kamu dapatkan di kantor pusat Rhino Indonesia. Kalian juga bisa mendapatkannya di semua distributor Rhino yang tersebar diseluruh kota besar di Indonesia. Diantaranya jakarta bandung bekasi karawang tangerang, solo, surakarta bali malang surabaya makassar medan pekanbaru lampung batam pekalongan dan kota-kota lainnya.

LIHAT DAFTAR DISTRIBUTOR

Langkah-langkah Sablon DTF yang Mudah dan Efektif

Hai, para penggemar sablon! Apakah Anda ingin mencoba teknik sablon DTF printing (Direct-to-Film) yang sedang populer ini? DTF adalah metode sablon yang menggunakan film khusus untuk mentransfer gambar ke permukaan kain. Teknik ini memberikan hasil yang tajam, detail, dan tahan lama.

Untuk membantu Anda memulai, berikut adalah langkah-langkah sederhana dalam melakukan sablon DTF:

1. Persiapan Bahan dan Alat

Pertama, pastikan Anda memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan. Anda akan membutuhkan film DTF, printer DTG, tinta DTG, kertas transfer, dan mesin pemanas. Pastikan juga Anda memiliki kain yang akan disablon.

2. Desain dan Cetak Gambar

Buat desain yang ingin Anda sablon menggunakan software desain grafis seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Setelah itu, cetak gambar pada film DTF menggunakan printer DTG dan tinta DTG yang sesuai.

3. Persiapan Kain

Persiapkan kain yang akan disablon dengan memastikan bahwa permukaannya bersih dan rata. Jika kain baru, sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang bisa mengganggu hasil sablon.

4. Transfer Gambar ke Kain

Panaskan mesin pemanas sesuai petunjuk produsen. Tempatkan film DTF dengan gambar yang sudah dicetak di atas kain dengan posisi yang diinginkan. Kemudian, panaskan kain dan film menggunakan mesin pemanas. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga film DTF menempel dengan baik pada kain.

5. Selesai dan Hasil Akhir

Setelah film DTF menempel dengan baik pada kain, biarkan kain dan film mendingin. Setelah dingin, lepaskan film DTF perlahan dan Anda akan melihat hasil sablon yang tajam dan detail pada kain.

Prospek Sablon DTF: Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Era Digital

Di era digital seperti sekarang ini, peluang bisnis semakin berkembang pesat. Salah satu jenis bisnis yang sedang naik daun adalah sablon DTF (Direct to Film). Sablon DTF adalah teknik sablon digital yang menggunakan tinta khusus untuk mencetak gambar pada film plastik yang kemudian ditransfer ke berbagai jenis bahan, seperti kain, keramik, atau kertas.

Prospek dari bisnis cetak DTF sangat menjanjikan, terutama karena banyaknya permintaan dari berbagai sektor industri. Salah satu kelebihan utamanya adalah kemampuannya untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi dan detail yang tajam. Hal ini membuat sablon DTF banyak digunakan dalam industri pakaian, dekorasi rumah, dan souvenir.

Dengan keunggulan dalam kualitas, kecepatan produksi, fleksibilitas, dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bisnis sablon DTF dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Jadi, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, segera persiapkan peralatan dan mulailah mengeksplorasi potensi yang ada!

Memperkenalkan Mesin Rhinotec DTF

DI awal tahun ini Rhino Indonesia kembali menghadirkan mesin sablon digital terbaru yaitu Rhinotec DTF. Rhinotec DTF adalah  Mesin printing digital yang mampu mencetak beragam macam gambar bahkan dalam ukuran detail sekecil apapun dalam satu mesin.

Lihat spesifikasi mesin : Rhinotec DTF 60  |  Rhinotec DTF 60 SS  |  Rhinotec DTF A3  |  Rhinotec DTF UV  |  Rhinotec DTF UV 1600 DH  |  Rhinotec DTF 120 MAX

Kelebihan Rhinotec DTF

  • Cepat dan Praktis – Karena menggunakan metode Direct Transfer Film (mencetak langsung diatas kertas film )
    tidak lagi memerlukan tahapan cutting dan weeding. Jadi proses produksinya lebih cepat dan efisien.
  • Hasil Lebih Detail – Sangat cocok unutk cetak logo-logo kecil
  • Kuat dan tahan lama – Rhinotec DTF ini dapat menghasilkan sablon yang kuat, stretch, dan warna yang solid
  • Cost produksi rendah – Karena tidak lagi melalui tahapan cutting dan weeding, cost produksi kamupun jadi lebih rendah
  • Prinhead EPSON 13200 – Rhinotec DTF menggunakan Printhead EPSON 13200 untuk menunjang kestabilan produksi dan warna yang dihasilkannya pun lebih maksimal.
  • Memiliki Garansi – Selain itu mesin ini dilengkapi dengan garansi mesin dan printhead selama 1 tahun

Pastikan kamu memilih mesin yang berkualitas dan terpercaya dari Rhinotec untuk menunjang bisnis kamu.

Nah, gimana Rhinovers, sudah tertarik untuk mencoba peruntungan bisnis custom dengan metode terbaru DTF di tahun ini? Untuk  menunjang bisnis kalian, Rhino Indonesia memiliki mesin Rhinotec DTF yang bisa kalian cek langsung di website Rhinotec.co.id . Pastikan kamu memilih mesin dengan kualitas terbaik untuk menunjang bisnis-mu.

Rekomendasi Paket Usaha DTF

Setelah kamu tahu apa itu sablon direct transfer film, tentunya beberapa dari kalian tertarik untuk membuka usaha yang satu ini. Nah untuk kamu yang ingin membuka usaha ini, berikut ini ada beberapa rekomendasi paket usaha yang bisa menjadi pilihan kamu.

Paket Usaha DTF A3

Paket Usaha <yoastmark class=

Paket usaha yang satu ini sangat cocok banget untuk kamu yang ingin memulai usaha sablon dtf skala rumahan. Dengan menggunakan Double Printhead XP600 membuat kapasitas produksi dalam 1 jam mencapai 3M dan kecilnya pemakaian listrik pada mesin ini hanya 1.400W. Mesin Rhinotec DTF A3 ini dapat menjadi pilihan alternatif kamu.

Paket Usaha Sablon DTF

Paket Usaha
Paket Usaha

Nah mesin dtf yang satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya kapasitas usaha sablon skala besar. Dengan paket usaha DTF kamu bisa menghasilkan sablon yang lebih detail, cepat, dan praktis serta cost produksinya pun tergolong rendah. Direct To Film merupakan proses sablon dengan mencetak langsung diatas film, sehingga  tidak lagi memerlukan tahapan cutting dan curring.

Rhinotec DTF ini menggunakan printhead EPSON 13200 yang menunjang kestabilan produksi dan hasilnya pun lebih maksimal. Mesin curring sendiri pun menggunakan system coveyor vacump yang berfungsi ketika Rhinovers melakukan produksi kapasitas kecil maupun besar.

Contoh Ide Usaha Sablon Menggunakan DTF

1. IDE USAHA UNIK CUSTOM SIMPLE CELANA CARGO

Rhinovers, siapa yang punya usaha jual celana kargo? Kamu bisa raih cuan banyak loh dengan buka jasa custom celana kargo. Tips dari Mimin gunakan desain-desain unik dan simple agar terlihat lebih kece.

ide usaha sablon dtf celana cargo

2. IDE USAHA CUSTOM BAJU AESTHETIC DENGAN DTF

Rhinovers! Kamu punya usaha apparel wajib banget nih berinovasi dengan sablon baju DTF menggunakan desain yang aesthetic. Nah baju seperti ini sangat disukai oleh anak-anak muda.

IDE USAHA BAJU AESTHETIC DENGAN DTF

3. IDE USAHA CUSTOM KAOS DTF OVERSIZE ALA JAPANESE STREETWEAR

Rhinovers! Saat ini kaos oversize ala japanese streetwear jadi salah satu item outfit yang diminati anak muda loh. Kamu bisa banget jadikan ini sebagai peluang usaha baru dan sangat menjanjikan.

IDE USAHA CUSTOM OVERSIZE ALA JAPANESE STREETWEAR

FAQ Tanya Jawab Tentang Sablon DTF

Apa kelebihan dari Sablon DTF?

Sablon DTF memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya populer di kalangan pengusaha sablon dan konsumen:

  • Hasil cetak yang tajam dan detail, dengan kemampuan mencetak gambar beresolusi tinggi.
  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan tekstil, seperti katun, poliester, dan campuran serat lainnya.
  • Tidak memerlukan banyak persiapan atau pengaturan, sehingga lebih efisien dan cepat.
  • Tidak memerlukan jumlah minimal pesanan, sehingga cocok untuk produksi skala kecil atau pesanan custom.
  • Tahan lama dan tidak mudah luntur, sehingga gambar atau desain tetap terlihat bagus dalam jangka waktu yang lama.
Apa perbedaan antara Sablon DTF dengan metode sablon lainnya?

Perbedaan utama antara DTF dengan metode sablon lainnya adalah penggunaan film khusus sebagai media transfer gambar. Metode sablon konvensional umumnya menggunakan stensil atau screen printing, sedangkan DTF menggunakan film yang dicetak dengan tinta khusus.

Apakah Sablon DTF tahan lama?

Ya, Sablon ini memiliki ketahanan yang baik terhadap pencucian dan aus. Gambar atau desain yang diaplikasikan menggunakan DTF dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, asalkan perawatannya dilakukan dengan benar. Disarankan untuk mencuci pakaian yang dicetak dengan DTF dengan air dingin dan menggunakan deterjen yang lembut agar gambar atau desain tetap awet.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses Sablon DTF?

Waktu yang dibutuhkan untuk proses cetak DTF dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas gambar yang akan dicetak. Namun, secara umum, proses Sablon DTF lebih cepat dibandingkan dengan metode sablon konvensional karena tidak memerlukan proses penyiapan stensil atau screen printing.

Pelajari juga perbedaan sablon dtf dengan metode sablon lainnya:

Kesimpulan

Sablon DTF adalah teknik cetak yang dapat membantu Anda mengoptimalkan produksi cetak Anda dengan hasil yang berkualitas tinggi. Dengan menggunakan metode cetak DTF, Anda dapat mencetak gambar dengan kualitas yang tinggi, cepat, dan efisien. Teknik ini juga dapat digunakan pada berbagai jenis bahan dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk menggunakannya. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan produksi cetak Anda, pertimbangkan untuk menggunakan motode DTF.

Saran untuk Pengguna Sablon DTF

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sablon DTF (Direct to Film) dalam proses sablon Anda, ada beberapa saran yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. DTF adalah metode sablon yang menggunakan film khusus yang dapat dicetak langsung pada kain atau permukaan lainnya.

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki peralatan yang tepat. Anda akan membutuhkan printer DTF yang berkualitas tinggi dan tinta DTF yang sesuai. Pilihlah printer yang dapat menghasilkan gambar yang tajam dan warna yang jelas. Pastikan juga tinta yang Anda gunakan berkualitas tinggi agar gambar tidak pudar atau luntur setelah dicetak.

Selanjutnya, perhatikan kualitas pet film yang Anda gunakan. Pilihlah film DTF yang berkualitas tinggi dan tahan lama. Pastikan film tersebut dapat menahan panas dan tekanan saat proses transfer gambar ke permukaan yang Anda inginkan. Film yang baik akan menghasilkan gambar yang tajam dan detail yang jelas.

Jangan lupa untuk melakukan uji coba sebelum mencetak secara massal. Cetak beberapa sampel dengan berbagai jenis gambar dan warna untuk memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan. Jika diperlukan, sesuaikan pengaturan printer dan tinta untuk mendapatkan hasil terbaik.

Terakhir, jaga kebersihan dan perawatan peralatan Anda. Pastikan printer dan pet film DTF tetap bersih agar tidak ada debu atau kotoran yang dapat mengganggu hasil cetakan. Bersihkan printer secara teratur dan simpan film DTF dengan baik agar tetap dalam kondisi yang baik.

Dengan mengikuti saran-saran ini, Anda akan dapat menggunakan sablon DTF dengan efektif dan menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Selamat mencoba!


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikel Sablon DTFSablon DTF: Metode Sablon Digital yang Tren di 2023

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon