4 Cara Merawat Mesin DTF Agar Kualitas Hasil Cetak Tetap Terjaga

Cara merawat mesin dtf – Dalam menjalankan bisnis terutama bidang sablon digital, pastinya kita perlu mengetahui cara merawat mesin yang digunakan hingga memperbaikinya. Terlebih jika mesin digunakan secara terus menerus sehingga diperlukan perawatan berkala. Jika tidak dirawat dengan baik, maka akan mengganggu proses produksi di masa mendatang.

Terdapat beberapa kendala yang sering menjadi penyebab terjadinya kerusakan mesin DTF.  Kondisi suhu ruangan, kondisi pompa tinta, kerusakan perangkat sensor, hingga kerusakan mesin lainnya, menjadi penyebab pertama kendala terjadi. Maka dari itu, diperlukan perawatan untuk meminimalisir kerusakan mesin yang parah. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini untuk merawat mesin DTF-mu ya!

Cara Merawat Mesin DTF

1. Penempatan Mesin Yang Tepat

Selalu jaga kebersihan mesin DTF agar terbebas dari debu, apabila Penempatan mesin kurang tepat, maka Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil cetak, ada kemungkinan hasil cetak bergaris. Sebaiknya letakkan mesin DTF di tempat yang memiliki sirkulasi yang baik. Temperatur ruangan yang kurang sesuai bisa berdampak pada kualitas tinta.

2. Membersihkan Mesin Secara Teratur

Selain bagian luar mesin jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam mesin. Bersihkan mesin secara berkala sebelum dan sesudah proses produksi menggunakan cleaning solution. Melakukan pembersihan printhead secara berkala berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa tinta yang jika dibiarkan akan menyebabkan kerak dan merusak perangkat mesin nantinya.

3. Gunakan UPS Dan Stabilizer

Gunakan UPS Dan Stabilizer
UPS Dan Stabilizer

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penggunaan UPS dan stabilizer. Hal ini berfungsi agar mesin tetap dalam kondisi stabil apabila aliran listrik hilang secara tiba tiba. Kondisi mesin yang tidak stabil dapat menyebabkan kerusakan.

4. Istirahatkan Mesin Walaupun Hanya 1 Jam

Proses produksi dalam sekalah besar pastinya akan membuat mesin bekerja secara terus menerus.  Disarankan untuk memberikan waktu satu hingga dua jam untuk mesin bisa beristirahat, sambil beristirahat kalian bisa melakukan pembersihan.

Mesin yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan tinta mengering dan menyebabkan kerusakan pada mesinmu. Maka dari itu disarankan agar mesin tetap beroperasi setiap hari walaupun dalam jumlah sedikit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hasil Print DTF Yang Bergaris


Nah itu tadi beberapa cara merawat mesin DTF-mu agar tetap mampu menghasilkan kualitas hasil cetak terbaik. Dengan melakukan perawatan pada mesin kalian juga memastikan performa serta kualitas dari produk yang dihasilkan.

Seluruh rangkaian mesin Rhinotec DTF sudah dilengkapi dengan garansi dan technical support yang dapat membantu jika terjadi kendala pada mesin. Pastikan memilih mesin kualitas terpercaya untuk menunjang bisnismu. Info lebih lanjut silahkan hubungi Rhino Indonesia di 0811166673.


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikel Sablon DTF4 Cara Merawat Mesin DTF Agar Kualitas Hasil Cetak Tetap Terjaga

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon