15 Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Sublim Tekstil

Apakah Anda tertarik dengan dunia sublimasi tekstil? Artikel ini membahas beberapa jenis bahan yang cocok untuk sublimasi tekstil, seperti polyester, poli-baumwolle, mikrofiber, kain jersey, dan bahan dengan lapisan khusus. Setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Temukan bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan coba sublimasi tekstil sekarang!

Jenis bahan untuk sublim tekstil – Anda tertarik dengan dunia sublimasi tekstil? Jika iya, maka Anda pasti tahu bahwa pemilihan bahan yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil yang memuaskan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jenis bahan yang cocok untuk sublimasi tekstil.

Rhinotec GT Series Banner
Rhinotec GT Series – Printer sublim Terbaik Untuk Sablon Sublimasi

Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Sublim Tekstil

Untuk kamu yang belum menghetaui metode sublimasi tekstil, disini akan diulas secara singkat. Metode sublimasi merupakan proses print menggunakan teknik sublim dengan alat print melalui media transfer paper dengan menggunakan tinta sublim sebelum dicetak di kain.

Tapi yang harus kamu ketahui adalah tidak semua jenis bahan bisa menggunakan metode sublimasi tekstil. Berikut adalah jenis bahan dan kegunaan yang dapat menggunakan metode sublime tekstil :

1. Polyester

Salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam sublimasi tekstil adalah polyester. Alasannya adalah karena serat polyester memiliki daya serap yang tinggi, sehingga tinta sublimasi dapat menempel dengan baik pada permukaan kain. Selain itu, polyester juga tahan terhadap pemanasan tinggi, yang diperlukan dalam proses sublimasi.

Ada beberapa jenis polyester yang umum digunakan, seperti polyester berbahan dasar serat alami atau poliester yang terbuat dari plastik daur ulang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pastikan untuk memilih jenis polyester yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Poli-Baumwolle (Poly-Cotton)

Poli-Baumwolle atau poli-cotton adalah campuran antara serat polyester dan serat kapas. Bahan ini sangat populer dalam industri tekstil karena memiliki kelebihan dari kedua bahan tersebut. Serat polyester memberikan kekuatan dan ketahanan terhadap kerutan, sementara serat kapas memberikan kelembutan dan kenyamanan.

Sublimasi pada poli-baumwolle memberikan hasil yang bagus, dengan warna yang cerah dan tahan lama. Namun, perlu diingat bahwa poli-baumwolle cenderung memiliki daya serap yang lebih rendah daripada polyester murni, jadi pastikan untuk mengatur suhu dan waktu sublimasi dengan tepat.

3. Mikrofiber

Jika Anda mencari bahan yang halus dan lembut, maka mikrofiber bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan ini terbuat dari serat sintetis yang sangat halus, sehingga memberikan hasil sublimasi yang berkualitas tinggi. Selain itu, mikrofiber juga memiliki daya serap yang baik, sehingga tinta sublimasi dapat menyerap dengan sempurna.

Mikrofiber juga memiliki kelebihan lain, yaitu daya tahan yang baik terhadap noda dan kusam. Hal ini membuatnya cocok untuk produk-produk yang rentan terhadap kotoran, seperti handuk, sarung bantal, dan pakaian olahraga.

4. Voal

Bahan suara adalah jenis kain yang terdiri dari serat kapas 100%. Untuk serat kapas alami untuk menghasilkan jaringan dengan permukaan halus dan kain mudah dibentuk. Kain terbaik untuk bahan jilbab, salah satunya adalah bahan kerudung, karena serat alami bahan ini sangat nyaman ketika digunakan dalam suasana tropis seperti di Indonesia. Sangat cocok digunakan untuk Scarft, Kerudung, gamis.

5. Organza

Jenis bahan sublim tekstil

Organza adalah salah satu kain yang berasal dari Prancis. Di masa lalu, kain organza terdiri dari serat sutra, tetapi karena harganya cukup mahal, banyak kain organza terbuat dari bahan sintetis seperti serat nilon dan serat poliester. Kain organza juga dikenal sebagai kain kaca dengan keunggulannya yang kaku dan mengkilap memberikan kesan mewah. Sangat cocok digunakan untuk kerudung, dress, luaran.

6. BSY

BSY atau Bi Shrinkage Yarn yang dibaca be es wai,merupakan 100% kain polyster dengan finish menggunakan dua jenis filamen poliester, sehingga membuat bahan halus, lembut dan tidak panas seperti kapas yang tentu saja mudah dijahit. Sangat cocok digunakan untuk mukena, seragam batik, sarung bantal, taplak meja, label.

7. Scuba

Kain scuba adalah jenis kain tebal yang jatuh dan memiliki kain kain yang lembut dan halus, tidak panas, juga memiliki ketahanan air dan bahannya elastis. Sangat cocok digunakan Rok, jaket, crop top, sarung bantal, dekorasi pernikahan, strap kamera/gitar.

8. Yelvo

Kain yelvo adalah jenis kain berbulu pendek yang terlihat seperti Velboa, tetapi cenderung lebih halus dan sedikit lebih mahal. Jenis kain yang memiliki fitur fleksibel atau licin disertakan dalam sejenis kain yang diimpor dari luar negeri. Sangat cocok digunakan untuk jaket, luaran, bantal, boneka.

9. Diamon Crepe

Kain diamond crepe adalah jenis kain crepe dengan permukaan permukaan kain yang mirip dengan kulit jeruk. Kain diamond crepe memiliki dua jenis turunan yaitu Diamond Italiano dan Diamond Georgette. Sangat cocok digunakan untuk jilbab, scraft, pashmina, luaran.

10. Jersey

Kain jersey adalah jenis kain yang terbuat dari serat rajutan. Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan pakaian olahraga, seperti kaos sepak bola atau jersey tim basket. Kain jersey memiliki tekstur yang lembut dan elastis, sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan.

Sublimasi pada kain jersey memberikan hasil yang baik, dengan warna yang cerah dan detail yang tajam. Namun, perlu diingat bahwa kain jersey cenderung memiliki daya serap yang lebih rendah daripada polyester murni, jadi pastikan untuk mengatur suhu dan waktu sublimasi dengan tepat.

11. Satin Maxmara

Kain Maxmara adalah jenis kain yang mirip dengan kain satin. Tapi kain Maxmara memiliki tekstur yang lebih lembut dan dingin saat digunakan. Kain Maxmara sangat nyaman untuk digunakan dan tidak membuatnya panas. Kain ini memiliki fitur khusus, yaitu bahannya ringan, licin, jatuh dan tidak transparan. Sangat cocok digunakan untuk Hijab, gamis, scraft.

12. Drill

Kain drill adalah kain dengan tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang kuat. Material yang digunakan untuk membuat kain drill ini bervariasi ada yang katun murni (100% katun) dan ada yang merupakan campuran antara katun dan polyester. Cocok digunakan untuk Yukata, kemeja, celana.

13. Kanvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang memiliki serat tebal dan kuat. Di masa lalu, kain ini banyak digunakan untuk media lukis. Tetapi dengan perkembangan zaman, semakin banyak bahan kanvas yang digunakan telah menjadi bahan dasar pada tas, jaket, sepatu dan berbagai bahan lainnya.

14. Belacu

Kain belacu (ejaan lain blacu; bahasa Inggris calico) adalah kain silang polos yang diproduksi dari katun yang belum diputihkan dan seringkali belum selesai diproses. Kain belacu memiliki tekstur yang kasar dan warna yang agak kekuningan. Cocok digunakan untuk hijab, Gamis, scraft.

15. Bahan dengan Lapisan Khusus

Terakhir, ada juga beberapa jenis bahan yang dilapisi dengan lapisan khusus untuk meningkatkan hasil sublimasi. Contohnya adalah bahan yang dilapisi dengan lapisan poliuretan atau bahan yang dilapisi dengan lapisan teflon. Lapisan ini membantu tinta sublimasi menempel dengan lebih baik pada permukaan kain, sehingga menghasilkan warna yang lebih cerah dan tahan lama.

Namun, perlu diingat bahwa bahan dengan lapisan khusus ini biasanya lebih mahal daripada bahan biasa. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan anggaran Anda sebelum memilih jenis bahan ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis bahan yang cocok untuk sublimasi tekstil. Setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pastikan untuk memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba sublimasi tekstil!

Untuk mendapatkan hasil sublimasi yang maksimal kamu bisa gunakan tinta serta kertas sublimasi dari rangkaian RhinoSub. Sebagai rekomenasi, kamu bisa menggunakkan mesin Rhinotec GT 120Rhinotec GT 160 atau Rhinotec GT 180 yang mampu beroperasi 24 jam non-stop untuk mencetak desain berkualitas tinggi.

Sumber: google


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikel15 Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Sublim Tekstil

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon