Mengenal Sablon Sublimasi Tekstil Lebih Mendalam

Mengenal Sablon Sublimasi Tekstil – Sablon sublimasi merupakan salah satu inovasi sablon digital yang mulai marak digunakan dalam industri garmen tekstil dan pakaian.Sablon dengan metode ini bisa dilihat dengan mudah pada jersey sepakbola, jersey sepeda, jersey motorcross dan atau jersey olahraga lain pada umumnya.

Sablon sublimasi sendiri ialah proses memindahkan gambar dari kertas ke bahan kain dengan bantuan mesin press. Proses pencetakan ini menggunakan printer dan tinta khusus sublimasi. Tinta ini tidak langsung dicetak pada bahan kain melainkan melalui perantaraan kertas atau transfer paper. Dengan aplikasi suhu dan tekanan tinta sublimasi akan menyerap ke dalam serat kain dan menyatu dengan material kain itu sendiri sehingga tidak menghasilkan tekstur timbul ketika dipegang.

Yang memindahkan gambar ke kain tetap tintanya, peran kertas disini hanya sebagai perantara untuk menampung tinta hasil cetakan dan memindahkannya ke kain atau media cetak. Hasil sablon sublimasi sangat baik dimana seluruh detail warna akan terlihat di bahan kain, tahan lama dan tidak akan luntur.

Proses akhir dari sablon sublimasi adalah proses pemindahan gambar dari media kertas ke media kain dengan tekanan dan suhu tinggi. Proses pemindahan ini menggunakan mesin heat press. Pada dasarnya mesin heat press untuk sablon sublimasi hampir sama dengan mesin heat press untuk jenis sablon lainnya, yang membedakan biasanya hanya di ukuran bidang press, suhu maksimal dan kapasitas produksi.

Ada beberapa keunggulan dari sablon sublimasi tekstil antara lain :

Ketajaman warna

Mengenal Sablon Sublimasi Tekstil Lebih Mendalam

Warna yang dihasilkan dari sablon sublimasi sangat tajam dimana seluruh detail dan gradasi dari desain dapat dipindahkan secara sempurna ke atas kain, hal ini membuat tidak ada batasan warna atau desain dalam sablon sublimasi.

Daya tahan sablon

Mengenal Sablon Sublimasi Tekstil Lebih Mendalam

Karena tinta sublimasi mudah menyerap ke dalam serat kain maka hasil dari sablon sublimasi bersifat permanen dan tidak akan luntur. Daya tahan hasil sablon sama dengan daya tahan material kain itu sendiri.

Tidak ada minimum kuantiti

Segala jenis sablon digital tidak mengenal minimum order quantity, tidak seperti pada sablon manual dimana biaya produks sangat bergantung pada kuantiti.

Bidang cetak yang besar

Mengenal Sablon Sublimasi Tekstil Lebih Mendalam

Karena bidang cetaknya yang besar, maka sablon sublimasi dapat digunakan untuk menghasilkan kaos fullprint atau all-over printing.

Ada yang perlu kamu perhatikan juga dalam menggunakan metode ini yaitu kualitas tinta sublimasi dan kertas transfer paper yang digunakan dimana semakin baik kualitas tinta maka ketajaman warna dan daya serapnya pada kain akan semakin baik pula.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikelMengenal Sablon Sublimasi Tekstil Lebih Mendalam

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon