Keunggulan Sablon Dengan Metode Sublimasi

Keunggulan Sablon Dengan Metode Sublimasi – Tak bisa dipungkiri kalau perkembangan teknologi sangat berpengaruh besar terhadap industri printing kain dimana proses sebelumnya dikerjakan secara manual dan saat ini sudah beralih dengan cara digital salah satunya dengan teknik sublimasi. Teknik sublimasi ini masuk kedalam teknik digital printing.

Dengan teknik sublimasi sangat memudahkan kamu dalam proses produksi sablon. Waktu yang diperlukan relatif cepat dibandingkan dengan proses sablon manual yang memakan waktu lama. Kamu hanya perlu membuat atau mencari desain yang kamu inginkan dan setelah itu dicetak dengan printer bertinta sublime.

Kelebihan / Keunggulan Metode Printing Sublimasi Tekstil

Metode printing sublimasi tekstil telah menjadi pilihan yang populer dalam industri percetakan tekstil. Metode ini menggunakan teknologi canggih yang memungkinkan transfer gambar atau desain ke permukaan kain dengan hasil yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Salah satu kelebihan utama metode printing sublimasi adalah kemampuannya untuk mencetak gambar atau desain dengan resolusi tinggi. Hasil cetakan yang dihasilkan sangat detail dan jelas, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk mencetak desain yang rumit atau gambar dengan banyak warna.

Selain itu, metode printing sublimasi juga memiliki kelebihan dalam hal ketahanan warna. Cetakan yang dihasilkan tidak mudah pudar atau luntur, bahkan setelah sering dicuci. Hal ini membuat produk tekstil yang dicetak menggunakan metode ini tetap terlihat segar dan menarik dalam jangka waktu yang lama.

Dye Sublimation Printing Machine (1)
Rhinotec GT 180 TH Series

Meskipun teknik ini lebih cepat secara proses produksi dibandingkan dengan produksi manual  sebenarnya banyak loh kelebihan jika menggunakan teknik ini, diantaranya :

  1. Tidak ada batasan warna atau desain dalam sablon sublimasi.
  2. Hasil cetak sangat detail, cerah, halus, dan tidak retak. Warna yang dihasilkan tajam. Detail pada desain akan dapat dipindahkan dengan sempurna.
  3. Durasi waktu produksi relatif cepat dan sangat menghemat waktu. Cocok untuk memproduksi dalam jumlah banyak.
  4. Hasil sablon nya bersifat lebih permanen dan tidak mudah luntur karena tinta sablonya akan menyerap ke serat kain.
  5. Daya tahan hasil sablon sama dengan daya tahan material kain itu sendiri.
  6. Biasanya teknik sublimasi ini dapat digunakan untuk hasil cetak yang full print atau all-over printing karena memiliki bidang cetak yang besar.

BACA JUGA: Teknik Sublimasi: 10 Produk Custom Yang Dihasilkan

Metode printing sublimasi juga sangat fleksibel dalam hal jenis kain yang dapat digunakan. Metode ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kain, termasuk katun, poliester, rayon, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan produsen tekstil untuk mencetak desain mereka pada berbagai macam produk, mulai dari pakaian, aksesori, hingga barang promosi.

Kecepatan cetak yang tinggi juga menjadi salah satu kelebihan metode printing sublimasi. Proses transfer gambar atau desain ke permukaan kain dilakukan dengan cepat dan efisien, memungkinkan produsen untuk mencetak dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Hal ini sangat menguntungkan bagi produsen yang membutuhkan produksi massal dalam waktu yang terbatas.

Tidak hanya itu, metode printing sublimasi juga ramah lingkungan. Proses cetak menggunakan tinta sublimasi yang ramah lingkungan dan tidak menghasilkan limbah berbahaya. Selain itu, metode ini juga tidak memerlukan penggunaan air dalam proses cetak, sehingga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Jika kamu ingin menggunakan teknik ini hanya bisa kamu aplikasikan pada kain-kain yang berbahan dasar polyester baik itu seluruh maupun sebagian. Nah, gimana sekarang kamu sudah tahu kan apa saja Keunggulan Sablon Sublimasi. Untuk mendapatkan hasil sublimasi yang baik kamu bisa gunakan mesin GT-180 TH Series dari Rhinotec untuk menunjang bisnis kamu. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi Rhino care 0811166673.


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikelKeunggulan Sablon Dengan Metode Sublimasi

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon