Mengenal Nozzle Check Pada Mesin Sablon Printing

Mengenal Nozzle Check Pada Mesin Sablon Printing

Mengenal Nozzle Check Pada Mesin Sablon Printing – Salah satu bagian dari printer yang memegang peranan penting dalam mendapatkan kualitas cetak terbaik adalah Nozzle. Berbagai printer atau mesin printing yang berasal dari banyak merek dan dukungan sistem teknologi terbaru biasanya memiki fitur nozzle check ini. Apa sih penjelasan nozzle dan apa fungsi nozzle pada printer, berikut penjabaran nya.

Nozzle artinya sebuah bagian printer atau mesin printing yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan tinta pada saat melakukan proses pencetakan. Fitur yang terintegrasi dari bagian ini adalah nozzle check. Fungsi dari fitur ini biasanya untuk mengetahui kondisi atau kerusakan pada bagian printer. Setiap merek yang dimiliki dari printer memiliki dukungan fitur pemeriksaan nozzle yang berbeda. Hal ini biasanya dilakukan melalui aplikasi bawaan yang sudah terpasang dari driver printer.

Terus kenapa sih harus melakukan nozzle check pada mesin sablon printing? dan seberapa penting? Sebenarnya kamu harus melakukan nozzle check secara berkala untuk mengetahui kemampuan mesin printing yang digunakan. Semakin sering kamu menggunakan mesin printing tersebut  maka pemeriksaan terhadap nozzle juga harus dilakukan. Berikut beberapa alasan penting menerapkan nozzle check seperti :

Memeriksa kondisi nozzle

Salah satu alasan yang bisa kamu pertimbangkan tentu saja dengan melakukan pemeriksaan kondisi dari nozzle. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk memudahkan proses printing. Apalagi nozzle merupakan bagian yang sangat penting untuk mengeluarkan tinta saat printing. Kamu bisa menggunakan software khusus yang memudahkan proses pemeriksaan dalam jangka waktu yang lebih cepat. Bahkan, pada software itu terdapat display untuk menunjukkan kondisi terakhir dari nozzle.

Mendapatkan hasil cetak yang lebih baik

Tentu saja pemeriksaan pada nozzle ini dilakukan untuk mendapatkan hasil cetak yang lebih baik. Ada beberapa bagian dari elemen nozzle yang mempengaruhi kualitas dari tinta warna yang kamu gunakan. Bahkan, kamu juga bisa melakukan uji coba printing untuk mengetahui kondisi dari kualitas cetak sesuai dengan jenis dan ukuran kertas.

Antisipasi kualitas warna

Biasanya banyak orang melakukan nozzle check untuk mengetahui kualitas warna yang ideal. Apalagi bila kamu ingin mendapatkan kualitas warna terbaik dari printing cobalah untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Biasanya hal ini juga mempengaruhi dari kemampuan dari nozzle untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan kamu.

Itu dia pengertian dan penjelasan seberapa penting melakukan nozzle check pada mesin printing dan sablon printing. Untuk informasi seputar dunia sablon digital kamu bisa langsung cek di blog Rhino Indonesia yaa!

Konsultasi Usaha Cetak Sablon Bersama Rhinotec Indonesia

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

YUK KONSULTASI ( GRATIS )

PAKET USAHA SABLON DIGITAL

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat