Tips Merawat Mesin Cutting Laser Agar Tetap Prima

Merawat mesin cutting laser sangat penting untuk menjaga kinerja optimal dan umur pakainya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam merawat mesin cutting laser:

  1. Bersihkan secara teratur:
    • Hilangkan debu, kotoran, dan serpihan dari area kerja mesin dengan menyapu atau menggunakan kompresor udara yang bersih.
    • Pastikan lensa dan cermin laser tetap bersih dan bebas dari noda. Gunakan pelunak kaca atau alkohol isopropil dan kapas lembut untuk membersihkannya. Jangan gunakan bahan abrasif yang dapat merusak permukaannya.
  1. Periksa dan ganti komponen yang aus:
    • Rutin periksa kondisi lensa, cermin, dan fokus laser. Gantilah komponen yang aus atau rusak.
    • Periksa dan ganti tumpukan laser jika sudah mencapai batas usia pakainya.
  2. Pelumas:
    • Pastikan perangkat lunak mesin laser telah diprogram untuk memberikan pelumas secara otomatis pada bagian-bagian yang memerlukannya, seperti meja kerja dan jalur pergerakan.
    • Periksa sistem pelumasan secara teratur dan pastikan semua bagian yang bergerak lancar dan tidak mengalami keausan berlebihan.
  3. Monitor pendinginan:
    • Pastikan sistem pendinginan berfungsi dengan baik untuk mencegah overheating. Periksa pompa air, tangki pendingin, dan filter secara berkala.
    • Pastikan suhu lingkungan kerja sesuai dengan persyaratan operasional mesin laser.
  4. Periksa dan kalibrasi:
  5. Keamanan:
    • Selalu ikuti prosedur keselamatan yang ditetapkan oleh produsen mesin laser.
    • Pastikan operator yang berpengalaman mengoperasikan mesin dan menggunakan perlindungan mata dan peralatan pelindung diri yang sesuai.
  6. Perawatan Preventif:
    • Jadwalkan perawatan preventif yang rutin sesuai dengan rekomendasi produsen. Ini dapat mencakup pembersihan, penggantian suku cadang, dan perawatan berkala lainnya.
  7. Pelatihan Operator:
    • Pastikan operator mesin laser menerima pelatihan yang memadai tentang cara mengoperasikan dan merawat mesin dengan benar.
  8. Catat Riwayat Perawatan:
    • Buat catatan tentang semua perawatan yang telah dilakukan pada mesin laser. Ini dapat membantu dalam pemantauan kinerja dan pemecahan masalah jika ada masalah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cutting Laser

Nah itulah 9 tips merawat mesin cutting laser agar tetap prima. Merawat mesin cutting laser dengan baik akan memperpanjang umur pakainya dan memastikan hasil pemotongan dan grafir yang berkualitas. Pastikan untuk selalu mengikuti panduan yang diberikan oleh produsen yang terdapat dalam buku manual penggunaan mesin laser Anda.


Anda juga bisa memilih mesin cutting laser dari Rhinotec yang sudah teruji kualitasnya. Disamping itu mesin-mesin Rhinotec juga dilengkapi dengan garansi, after sales dan juga teknisi yang handal dibidangnya. Info lebih lanjut silahkan hubungi Rhinocare di 0811166673.


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaInsightTips Merawat Mesin Cutting Laser Agar Tetap Prima

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon