Apa itu Printing Sublimasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Printing sublimasi adalah teknik cetak yang digunakan untuk mentransfer gambar atau desain ke permukaan bahan seperti kain, keramik, logam, atau plastik. Metode ini populer di kalangan industri tekstil dan percetakan karena menghasilkan gambar yang tahan lama, tajam, dan colorful.

Mencari metode printing yang dapat menghasilkan cetakan yang keren dan tahan lama Printing sublimasi mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda — ini adalah pilihan populer untuk mencetak pada kain, plastik, logam, keramik, serta kaca.

Dalam posting blog ini, kita akan menjelajahi dasar-dasar printing sublimasi, termasuk bagaimana cara kerjanya dan keuntungan yang ditawarkannya dibandingkan dengan metode printing lainnya. Kita juga akan membahas bahan-bahan yang dapat digunakan dan menjawab pertanyaan umum lainnya. Pada akhirnya, Anda akan memiliki pemahaman penuh tentang apa itu printing sublimasi dan mengapa ini adalah pilihan yang bagus jika Anda menjalankan toko printing berdasarkan permintaan.

Printing Sublimasi: Bagaimana Cara Kerjanya?

Cetak sublimasi adalah proses cetak digital yang menggunakan panas dan tekanan untuk mentransfer pewarna ke berbagai material.

Berikut adalah seluruh prosesnya:

  1. Anda mencetak desain pada kertas transfer khusus menggunakan tinta sublimasi.
  2. Kemudian, Anda meletakkan kertas tersebut pada produk dan memanaskannya dengan mesin pemanas.
  3. Panas mengubah tinta menjadi gas, dan material menyerapnya.
  4. Sebagai hasilnya, Anda mendapatkan cetakan yang permanen, keren, dan tidak akan memudar atau retak seiring waktu.

Kelebihan Printing Sublimasi

Sekarang setelah Anda mengetahui bagaimana cetak sublimasi bekerja, mari kita bahas pro dan kontra dari teknik cetak ini, dimulai dengan manfaatnya.

1. Hasil cetakan yang lebih nyata dan detail

Yang paling menarik dari cetak sublimasi adalah kemampuannya menghasilkan cetakan yang lebih nyata dan detail. Berkat suhu tinggi yang digunakan dalam proses ini, garis-garisnya terlihat sangat tajam, dan warnanya tidak pudar.

2. Daya tahan cetakan

Hal penting yang perlu dicatat tentang sublimasi adalah bahwa tinta tidak hanya diterapkan di atas material. Sebaliknya, tinta tersebut diserap langsung ke dalam material, menjadi bagian integral darinya. Itulah mengapa cetakan sublimasi tidak akan memudar atau hilang saat dicuci, bertahan jauh lebih lama daripada cetakan sablon atau cetakan DTG.

3. Waktu pengerjaan cepat

Kelebihan lain dari printing sublimasi adalah waktu pengerjaannya yang cepat. Karena proses cetaknya bersifat digital dan tidak memerlukan pembuatan layar atau plat fisik, printer sublimasi dapat dengan cepat menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dan memerlukan lebih sedikit tenaga kerja manual dibandingkan, misalnya, sablon.

4. Berbagai produk

Dalam hal pilihan material, sublimasi sangat fleksibel dan memberi Anda banyak ruang untuk kreativitas. Anda dapat membuat pakaian kustom, tas, mug, mousepad, dan lainnya.

5. Tanpa pesanan minimum

Jika Anda memilih layanan cetak berdasarkan permintaan, Anda dapat memesan produk sublimasi sejumlah yang Anda inginkan tanpa khawatir mencapai pesanan minimum. Ini juga memberi ruang untuk eksperimen — Anda dapat menguji produk untuk menemukan yang disukai pelanggan tanpa harus banyak berinvestasi dalam persediaan.

6. Ramah lingkungan

Manfaat terakhir dari printing sublimasi adalah bahwa ini adalah proses cetak yang relatif ramah lingkungan. Berbeda dengan metode cetak tradisional yang menggunakan tinta berbasis air dan pelarut, printing sublimasi menggunakan tinta kering. Tinta kering ini disuntikkan ke dalam material saat dicetak, menghasilkan limbah minimal dan dampak lingkungan yang lebih rendah. Selain itu, ini mengurangi jumlah tinta yang terbuang dengan hanya mengaplikasikannya pada area yang diperlukan.

Rhinotec GT Series Banner
Rhinotec GT Series – Solusi terbaik untuk usaha sublimasi printing

Kekurangan Printing Sublimasi

Terdapat beberapa batasan pada printing sublimasi. Di bawah ini, kami telah menyoroti 3 kelemahan utama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan menggunakan metode cetak ini.

1. Batasan Material

Perlu diingat bahwa sublimasi hanya berfungsi pada bahan 100% poliester atau campuran kain yang mengandung persentase tinggi poliester. Semakin sedikit poliester dalam kain Anda, semakin memudar cetaknya. Hal ini disebabkan oleh sifat kimia pewarna sublimasi yang memerlukan serat sintetis agar dapat menempel dengan baik dan menghasilkan hasil yang tahan lama.

Jika Anda tertarik pada pencetakan pakaian dari katun, sutra, atau kulit, sublimasi bukanlah pilihan yang tepat. Pewarna sublimasi tidak akan menempel pada serat alami atau akan cepat hilang.

Baca penjelasan mengenai: Jenis Bahan Polyester Untuk Printing Sublimasi

2. Batasan Warna Dasar

Sublimasi hanya tersedia untuk produk kosong berwarna putih atau sangat terang. Hal ini karena tidak ada tinta putih dalam cetak sublimasi, dan tinta sublimasi tidak dapat mencerahkan warna dasar.

Jika Anda melakukan sublimasi pada kain berwarna hitam, pewarna secara teknis akan mentransfer, tetapi Anda tidak akan dapat melihat hasilnya. Misalnya, mencetak warna magenta cerah pada kemeja hitam akan menghasilkan cetakan hitam dengan sentuhan merah kecoklatan.

3. Lipatan Warna Putih

Saat melakukan sublimasi pada pakaian jadi, ada kemungkinan bahwa beberapa area tidak akan tercetak dengan baik, meninggalkan garis putih. Hal ini sering terjadi di sekitar jahitan atau akibat lipatan yang tidak disengaja.

Lipatan Warna Putih
Lipatan Warna Putih. Source: Printful

Untuk menghindari jenis cacat ini dan mencapai cakupan sempurna dari ujung ke ujung, gunakan teknik potong & jahit (juga dikenal sebagai cetak seluruh permukaan). Pertama, desain Anda disublimasikan ke selembar kain. Kemudian, kami memotong pola dari kain yang telah dicetak, dan penjahit internal kami menjahit produk akhir.

Lihat artikel tentang Printing Sublimasi Tekstil: 6 Kelebihan Yang Harus Kamu Tahu!

Mesin Press Roll to Roll Rhinotec
Mesin Press Roll to Roll Rhinotec RTR. “NEXT LEVEL DIGITAL PRESS MACHINE”

Apa yang bisa Anda sublimasikan?

Cetak sublimasi cocok untuk berbagai material, memberi Anda banyak opsi produk. Mulai dari pakaian hingga mug, dan dekorasi rumah hingga item lebih besar seperti spanduk dan tanda — Anda sebutkan saja.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa produk sublimasi yang bisa dihasilkan.

Pakaian

Kaos, kaus kaki, hoodie, legging, gaun, baju renang, dan banyak lagi. Ketika berbicara tentang pencetakan pakaian, sublimasi memiliki keuntungan penting — memungkinkan Anda menutupi suatu item dari ujung ke ujung. Jika Anda tidak ingin menempatkan desain Anda dalam kotak karena area cetak yang terbatas, sublimasi menghapus jenis kendala ini.

Aksesori

Mencari aksesori berkesan untuk melengkapi desain pakaian Anda? Kami punya opsi untuk Anda:

  • Topi cetak seluruh permukaan
  • Tas cetak seluruh permukaan
  • Aksesori rambut cetak seluruh permukaan
  • Sepatu dan kaos kaki sublimasi
  • Aksesori teknologi sublimasi

Mug

Produk lainnya yang sudah tidak asing lagi yaitu mug/gelas yang dibuat dengan metode sublimasi. Desain pertama kali dicetak pada kertas transfer menggunakan tinta sublimasi melalui printer inkjet. Kemudian, kertas itu ditempatkan dengan hati-hati di sekitar mug, dan panas serta tekanan diterapkan untuk mentransfer gambar ke mug.

mug sublim
image: printful

Lihat lebih lanjut tentang Contoh Produk Sublimasi untuk Branding

Dekorasi Rumah

Apakah Anda ingin menambahkan sentuhan warna pada ruang tamu Anda, sentuhan nyaman pada kamar tidur Anda, atau aksen gaya pada kantor Anda, ada banyak item rumah untuk dieksplorasi:

  • Selimut sublimasi
  • Bantal sublimasi
  • Bendera sublimasi
  • Handuk sublimasi

Sublimasi Dibandingkan dengan Proses Cetak Lainnya

Sublimation vs. Screen printing

Sablon keduanya merupakan metode populer untuk mentransfer desain ke kain, tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan kunci:

  • Jumlah warna. Dengan sublimasi, desain Anda dapat mengandung jumlah warna yang tidak terbatas. Sablon terbatas pada satu atau beberapa warna.
  • Material. Sublimasi bekerja paling baik dengan poliester dan kain sintetis lainnya, sedangkan sablon berfungsi pada bahan alami seperti katun, linen, dan rayon.
  • Area cetak. Sublimasi ideal untuk menciptakan cetakan dari ujung ke ujung pada pakaian, sedangkan dengan sablon, Anda akan selalu terbatas pada area cetak yang lebih kecil.
  • Waktu persiapan. Sublimasi membutuhkan waktu persiapan yang lebih sedikit dan lebih cocok untuk mencetak produk satu kali secara kustom dibandingkan dengan sablon.

Lihat juga artikel tentang 5 Hal Penting Untuk Memulai Bisnis Printing Tekstil Sublimasi.

Dye Sublimation Printing Machine (1)
Rhinotec GT 180 TH Series

Sublimasi vs. DTG

Tertarik untuk mengetahui bagaimana sublimasi dibandingkan dengan cetak DTG? Berikut perbedaan di antara keduanya:

  • Material. Sublimasi hanya cocok untuk poliester dan campuran poliester. DTG bekerja paling baik pada katun 100% yang disisir dan berputar, tetapi juga dapat digunakan pada campuran katun.
  • Warna dasar. Sublimasi terbatas pada bahan berwarna putih atau warna lebih terang. DTG menghasilkan cetakan yang cerah pada warna kain apa pun.
  • Area cetak. Sublimasi memiliki area cetak yang lebih besar dibandingkan dengan DTG, karena dapat mencakup seluruh pakaian. Area cetak DTG terbatas pada ukuran plat printer.
  • Waktu persiapan. DTG lebih cepat dibandingkan sublimasi karena printer DTG mencetak langsung pada pakaian, dan Anda dapat melewati proses kertas transfer dan penekanan panas. Dengan DTG, juga tidak perlu memotong dan menjahit pakaian setelah dicetak.

Temukan artikel lainnya tentang sublimasi:

Cara Menyiapkan File Desain untuk Cetak Sublimasi

Untuk mendapatkan hasil sublimasi yang menakjubkan, Anda harus memastikan file desain Anda sudah siap. Ini berarti menemukan gambar yang bagus, mengonversinya ke format yang tepat, dan memeriksa bahwa warna dan resolusi Anda sesuai.

Pelajari lebih lanjut: Panduan Langkah-demi-Langkah Membuat Desain Sublimasi yang Menarik

Jika Anda baru dalam persiapan file cetak digital, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui untuk berhasil dengan file cetak Anda:

  • Format file: Kami menerima format file PNG dan JPG. File Anda harus beresolusi tinggi (150 DPI atau lebih tinggi) untuk memastikan kualitas cetak terbaik.
  • Profil warna: Gunakan profil warna sRGB untuk memastikan bahwa desain Anda terlihat sama bagusnya dicetak seperti yang terlihat di layar.
  • Ukuran: Pastikan desain Anda memiliki ukuran yang benar untuk produk yang Anda pesan. Anda akan menemukan dimensi yang tepat di tab Pedoman File di bawah setiap produk. Jika desain Anda lebih besar dari area cetak, itu akan diperkecil, jadi pastikan untuk memeriksa ukuran cetak sebelum mengunggah desain Anda.
  • Bleed: Untuk hasil terbaik, gunakan gambar full bleed yang meluas ke seluruh dokumen. Jika desain Anda hanya mencakup sebagian dari area cetak, jangan lupa untuk membuat latar belakangnya transparan dan kirim gambar dalam format PNG.
  • Tanpa batas putih: Cetak sublimasi memerlukan kertas transfer untuk berkontak penuh dengan produk, jadi setiap area putih dalam desain Anda akan muncul sebagai warna produk. Untuk mencapai cetakan berwarna penuh, pastikan tidak ada batas putih atau area dalam desain Anda.

Lihat juga artikel tentang Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Selama Proses Sublimasi

Pertanyaan Umum tentang Sublimasi

Masih ada yang kurang jelas? Kami telah menyiapkan jawaban singkat untuk pertanyaan-pertanyaan umum tentang sublimasi.

Apa itu sublimasi?

Sublimasi adalah proses di mana suatu zat padat langsung berubah menjadi keadaan gas, tanpa melalui fase cair. Dalam industri percetakan, ini digunakan untuk mencetak desain pada bahan seperti mug, pakaian, aksesori, dan barang lainnya.

Apa itu printer sublimasi?

Printer sublimasi adalah jenis printer khusus yang menggunakan panas untuk mentransfer pewarna ke berbagai bahan. Printer ini memanaskan kapsul tinta sublimasi pada suhu tinggi (sekitar 350–400 ºF atau 176–205 ºC) untuk mentransfer pewarna ke material.

Berapa lama sublimasi dapat bertahan pada kaos?

Cetak sublimasi dibuat untuk tahan lama. Jika dilakukan dengan benar, desain Anda akan tetap awet dan dalam kondisi prima, bahkan setelah mencuci dan memakai berkali-kali. Tinta menjadi bagian dari pakaian, sehingga Anda dapat yakin cetakan Anda akan tetap terlihat bagus bertahun-tahun ke depan. Tidak ada masalah pudar, mengelupas, atau retak.

Apakah bisa melakukan sublimasi pada warna gelap?

Anda tidak dapat melakukan sublimasi pada warna gelap kecuali Anda mengaplikasikan lapisan khusus sebelum mencetak. Proses cetak sublimasi memerlukan warna material yang putih atau sangat terang untuk mencapai hasil cetak terbaik.

Apa perbedaan antara sublimasi dan sablon?

Secara singkat, sublimasi menyematkan pewarna langsung ke dalam serat kain, sedangkan sablon mengaplikasikan pewarna di atas permukaan material. Perbedaan lainnya adalah bahwa sublimasi hanya berfungsi dengan bahan poliester, sementara sablon lebih cocok untuk serat alami.

Kertas apa yang digunakan untuk mencetak sublimasi?

Proses sublimasi memerlukan kertas transfer panas yang telah dilapisi khusus. Ini dirancang untuk tahan suhu tinggi tanpa terbakar atau coret-coret.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, cetak sublimasi adalah suatu metode cetak digital yang menggunakan panas dan tekanan untuk mentransfer pewarna langsung ke dalam serat bahan, seperti kain, plastik, logam, keramik, dan kaca. Proses ini melibatkan pencetakan desain pada kertas transfer khusus dengan tinta sublimasi, lalu mentransfernya ke produk dengan pemanasan menggunakan mesin pemanas.

Keunggulan cetak sublimasi melibatkan hasil cetakan yang keren dan detail, daya tahan yang tinggi, waktu pengerjaan yang cepat, variasi bahan yang luas, dan kemampuan mencetak tanpa pesanan minimum. Namun, ada juga batasan, seperti keterbatasan pada material poliester, keterbatasan pada warna dasar putih atau terang, dan potensi lipatan warna putih pada area-area tertentu.

Dengan kemampuannya mencakup berbagai produk mulai dari pakaian hingga aksesori dan barang rumah tangga, cetak sublimasi menjadi pilihan menarik, terutama untuk pengelola toko cetak berdasarkan permintaan atau individu yang ingin menciptakan produk kustom dengan desain yang vibrant dan tahan lama.


Pastikan untuk memilih mesin kualitas terpercaya dari Rhinotec. Untuk informasi terbaru seputar promo, berita produk dan lainnya, jangan lupa follow instagram Rhino Indonesia ya. Kalian juga bisa menghubungi Rhinocare di 0811166673 untuk mendapatkan saran dan rekomendasi seputar usaha sablon digital printing.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

SourcePrintful
BerandaInsightApa itu Printing Sublimasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon