Cara Membuat Stiker Sendiri Pakai Kertas HVS

cara membuat stiker sendiri dengan kertas hvs

Cara Membuat Stiker Sendiri Pakai Kertas HVS – Stiker adalah gambar yang bisa kita letakkan pada benda-benda tertentu. Stiker dapat ditempel karena memiliki perekat yang terletak di belakang gambar. Stiker juga merupakan salah satu alat promosi dan dekorasi yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Karena biayanya beragam dan sebagian besar cukup terjangkau, serta desain yang dapat mengikuti kreativitas kita.

Stiker dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu stiker transparan dan striker non-transparan. Stiker transparan bermanfaat agar bagian dalam benda yang kita tempel dapat terlihat jelas.

Saat membuat stiker ada banyak cara yang bisa kita lakukan, setiap cara pembuatan stiker ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara membuat stiker dengan silkscreen, membuat stiker dengan cetak offset atau digital printing.

Namun bagi Anda yang ingin membuat stiker sendiri di rumah, cukup lihat dan terapkan cara mudah membuat stiker.

Cara Membuat Stiker Sendiri

Proses pembuatan stiker umumnya akan dilakukan oleh pencetakan stiker atau penyedia layanan jasa cetak stiker, terutama jika Anda ingin mencetak stiker dalam jumlah besar atau dalam ukuran besar.

Dari pencetakan sederhana perekat kertas hingga pencetakan perekat vinil melalui proses pemotongan, atau yang biasa dikenal dengan perekat pemotong, Anda dapat menyerahkan pekerjaan itu ke penyedia layanan.

Tetapi jika Anda hanya ingin membuat stiker dengan jumlah kecil dan ukuran yang tidak terlalu besar, biaya pencetakan melalui penyedia layanan cetak umumnya akan sangat mahal dibandingkan dengan mencetak sendiri.

Itulah sebabnya dalam artikel ini kami akan memberi Anda seluruh proses bagaimana membuat decals Anda sendiri yang dapat Anda coba lakukan sehingga Anda dapat secara signifikan mengurangi biaya produksi dibandingkan dengan mengirim pekerjaan ke layanan pencetakan stiker.

Sebelumnya, Anda bisa membaca artikel kami yang berkaitan dengan pencetakan dan sablon, seperti jenis dan jenis tinta sablon, lalu apa saja jenis sablon dan karakteristiknya, karakteristik dan karakteristik kertas karton art, kemudian definisi dan kegunaan stiker vinil, dan banyak lagi item yang dapat menambah wawasan Anda.

Tahapan-tahapan cara pembuatan sticker

Sebelum memberikan cara untuk mencetak stiker sendiri, lebih baik untuk mengetahui bagaimana proses pencetakan perekat umumnya dilakukan di penyedia layanan pencetakan digital sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran umum prosedur.

Dalam pencetakan digital, pencetakan perekat umumnya menggunakan bahan vinil ukuran besar, biasanya dari A3 ke atas (A2, A1, dll.), Disesuaikan dengan kapasitas pencetakan yang mereka miliki.

Awalnya, desain stiker akan diatur pada komputer menggunakan perangkat lunak khusus, atau Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak seperti Corel Draw, Photoshop dan sejenisnya, yang umumnya sesuai dengan ukuran kertas stiker yang akan dicetak.

Setelah itu, proses pencetakan akan berjalan seperti proses pencetakan normal yang biasa kita lakukan dengan printer di rumah atau kantor, perbedaannya ada pada mesin printer yang digunakan dan media cetak.

Setelah itu, stiker yang telah dicetak pada bahan vinil akan menerima laminasi akhir jika perlu, dan kemudian akan dikembalikan ke plotter jika perlu dipotong.

Proses pemotongan ini umumnya akan dikonfigurasikan menggunakan perangkat lunak khusus lagi melalui komputer untuk mengatur ujung-ujung desain yang kemudian akan ditarik sehingga garis-garis pemotongan dapat dibentuk.

Dengan deskripsi ini, tentu saja, Anda dapat melihat bahwa dalam proses pencetakan label di penyedia layanan pencetakan digital, alat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Tentunya itu tidak termasuk bahan baku yang diperlukan seperti tinta, kemudian bahan vinil ( Polyflex ) untuk dicetak, dan juga lapisan matt atau mengkilap untuk laminasi.

Dengan mengetahui proses pencetakan stiker yang biasa dilakukan di penyedia layanan pencetakan digital ini, Anda sudah dapat memperkirakan apa yang akan dibutuhkan jika Anda ingin membuat stiker sendiri.

Tutorial bikin sticker cutting dengan printer biasa

Tutorial bikin sticker sendiri dirumah

Untuk membuat stiker sendiri, Anda tentu tidak perlu menyediakan alat seperti yang untuk layanan pencetakan digital, tetapi Anda dapat memilih untuk menggunakan printer inkjet atau laser yang Anda miliki di rumah atau kantor Anda, serta beberapa alat sederhana lainnya.

Oleh karena itu, kami akan menyediakan beberapa cara untuk membuat stiker Anda sendiri menggunakan metode yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran atau kebutuhan Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mencetak stiker yang sebenarnya dapat diproduksi dengan biaya lebih rendah.

Cara mudah buat stiker dengan kertas HVS

Pertama, kita akan mulai dengan memberikan cara membuat stiker HVS kita sendiri yang membutuhkan biaya lebih rendah daripada yang lain, karena biaya bahan baku rendah dan tidak memerlukan printer khusus.

Semua yang perlu Anda persiapkan meliputi:

  • Mesin inkjet atau printer laser A4 dan lebih besar.
  • HVS kertas perekat A4 dan lebih besa.
  • Kertas perekat transparan (opsional).
  • Gunting, pemotong dan penggaris.
  • lakban polos atau isolatip.
  • Komputer atau laptop yang telah menginstal perangkat lunak pengedit gambar seperti Corel Draw, Photoshop, dll.

Langkah-langkah untuk membuat stiker memakai kertas HVS adalah sebagai berikut:

  • Edit desain stiker di laptop / komputer dengan Corel Draw atau di Photoshop, dll., Juga buat kontur pada stiker agar mudah dipotong,
  • Pastikan printer inkjet atau laser terhubung ke komputer dan siap untuk mencetak (driver diinstal, dapat digunakan untuk pencetakan normal),
  • Desain cetak pada mesin cetak yang telah diisi dengan kertas perekat HVS,
  • Hingga saat ini, Anda dapat memotong stiker langsung menggunakan pola tepi yang ada, atau jika Anda ingin lebih tahan lama, Anda dapat menutupinya dengan stiker transparan sebelum memotong,
  • Pastikan bahwa ketika Anda menutupi stiker dengan bahan transparan tidak ada gelembung dan terpasang dengan baik,
  • Potong stiker mengikuti pola yang telah Anda buat,
  • Proses sudah selesai

Untuk metode ini, Anda juga dapat menggunakan kertas HVS normal yang memiliki bagian belakang (yang tidak dicetak) dilapisi dengan pita perekat dua sisi, tetapi kami tidak merekomendasikannya karena daya tahannya akan berbeda, dan bahkan jika Anda melakukannya dengan cara ini, lebih baik jika permukaannya masih ditutupi dengan perekat atau laminasi transparan.

Cara mudah membuat Stiker dengan bahan Vinyl

Selain itu, Anda juga dapat membuat stiker vinil Anda sendiri dengan printer inkjet atau laser yang Anda miliki di rumah atau kantor Anda. Tetapi biaya akan lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan kertas HVS.

Untuk membuat stiker vinil ini, Anda harus menyiapkan alat-alat berikut:

  • Mesin inkjet atau printer laser A4 dan lebih besar.
  • Komputer yang telah menginstal perangkat lunak pengedit gambar seperti Corel Draw, Photoshop, dll.
  • Gunting, pemotong dan penggaris,
  • Tinta khusus untuk mencetak pada vinil (saat menggunakan printer inkjet),
  • Bahan perekat Vinyl A4 dan lebih besar (cari yang bisa digunakan untuk printer inkjet jika Anda menggunakan mesin cetak),
  • Lembar perekat jok transparan (opsional).

Setelah menyiapkan peralatan, langkah-langkah berikut yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Edit desain atau gambar yang ingin Anda cetak di komputer menggunakan perangkat lunak seperti Corel Draw, dll.
  • Pastikan printer diisi dengan tinta khusus dan bahan vinil telah dimasukkan ke dalam baki printer,
  • Pastikan juga printer terhubung dan dapat digunakan menggunakan komputer,
    Cetak stiker,
  • Tunggu sampai tinta benar-benar kering.
  • Tutup dan tempel dengan stiker transparan pada permukaan stiker yang telah dicetak jika Anda ingin hasilnya lebih tahan lama,
  • Cobalah untuk tidak meninggalkan gelembung selama pelapisan,
  • Potong stiker sesuai pola dengan gunting atau pemotong atau alat pemotong lainnya,
  • Dan proses sudah selesai

Anda dapat melihat bahwa penggunaan kedua metode ini tidak jauh berbeda. Satu-satunya perbedaan adalah bahan baku yang harus disiapkan. Sehingga jika Anda terbiasa mencetak dan menggunakan perangkat lunak desain grafis, tentu saja, Anda tidak akan kesulitan melakukannya.

Tips membuat Stiker Sendiri

Ada beberapa tips yang dapat kami berikan kepada Anda jika Anda ingin membuat stiker sendiri. Baik  menggunakan media kertas HVS atau media vinyl. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas stiker yang Anda cetak. Bahkan dapat menjadikannya salah satu peluang bisnis kecil di rumah atau dalam bisnis .

Beberapa tips ini termasuk yang berikut:

  • Uji cetakan pada kertas biasa
    Tip pertama adalah untuk selalu menguji desain Anda pada kertas biasa terlebih dahulu sebelum mencetak pada bahan perekat. Intinya adalah memastikan bahwa posisi desain adalah apa yang Anda inginkan.
  • Biarkan tepi kertas.
    Usahakan untuk tidak terlalu dekat saat mengonfigurasi desain di Corel Draw dan sejenisnya. Pastikan selalu sisakan jarak sekitar 3 cm di tepi kertas dalam desain yang ingin Anda cetak. karena hasil cetak mungkin kurang dari jarak yang terlihat dalam perangkat lunak mengedit.
  • Satu lembar untuk beberapa stiker
    Untuk menghindari pemborosan kertas, terutama jika label Anda kecil, gunakan kertas HVS atau bahan vinil untuk mencetak beberapa label sekaligus. yang tentu saja dapat dilakukan dengan perangkat lunak pengeditan yang Anda gunakan.
  • Gunakan mesin laminating
    Jika Anda memiliki lebih banyak dana dan ingin membuka layanan pencetakan sendiri, Anda harus berinvestasi dalam pembelian mesin laminating khusus. Sehingga dapat digunakan untuk melapisi perekat dengan cara yang lebih teratur dan hasilnya juga lebih baik. Karena Anda dapat menggunakan laminasi matte atau seterang mungkin, dan tidak lagi diperlukan. Gunakan stiker transparan.
  • Investasikan pada printer dan mesin tinta
    Anda juga harus berinvestasi dalam printer yang lebih baik dan berkualitas. Bahkan jika Anda tidak perlu menggunakan printer A3 atau ukuran yang lebih tinggi. Anda dapat menggunakan tinta yang lebih baik untuk membuat hasil cetak terlihat lebih tajam dan tidak mudah pudar.

Kesimpulan Akhir

Stiker itu, pada kenyataannya, adalah alat desain dan promosi yang dapat menunjukkan kreativitas tanpa batas. Dan pada kenyataannya sangat alami untuk dicari oleh beberapa kelompok, dengan berbagai tujuan dan kebutuhan.

Meskipun pencetakan stiker umumnya lebih mudah saat menggunakan penyedia layanan pencetakan digital. Dan kita juga bisa lebih santai dan menyerahkan pekerjaan kepada mereka.

Tetapi jika Anda membutuhkan stiker dengan jumlah kecil dan ukuran kecil, disarankan untuk membuat stiker sendiri di rumah atau di kantor. Karena biaya produksinya akan lebih murah.

Baik itu stiker yang menggunakan kertas HVS atau bahan vinil, Anda dapat mencetak semuanya sendiri selama Anda memiliki cukup peralatan. Seperti printer, kertas, atau bahan perekat, dan juga alat pemotong seperti gunting atau pemotong.

Anda dapat membaca beberapa diskusi kami tentang decals dan alat pemasaran offline lainnya. Seperti berbagai jenis spanduk dan fungsinya. Lalu apa perbedaan antara pamflet dan brosur, maka kami juga menawarkan beberapa kiat desain kartu nama dan banyak lainnya.

Semoga artikel ini tentang cara membuat stiker sendiri yang kami sediakan dapat membantu Anda mengurangi biaya pembuatan stiker yang Anda inginkan, serta menambah informasi dan bahkan membuka peluang bisnis baru yang bisa Anda coba.

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat