Cara Menjaga Kualitas Sablon DTF saat Menyetrika Pakaian

Rhinotec.co.id – Sablon Direct to Film (DTF) adalah salah satu metode populer untuk mencetak gambar pada pakaian. Sablon ini memungkinkan gambar yang tajam, warna yang cerah, dan tahan lama. Namun, kualitas sablon DTF juga perlu dijaga agar gambar tetap terlihat bagus dalam jangka waktu yang lama, terutama saat mempertahankan keindahan gambar dengan menyetrika pakaian. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kualitas sablon DTF saat menyetrika pakaian:

1. Gunakan Suhu Setrika yang Tepat

Pertama-tama, perhatikan suhu setrika yang digunakan. Pastikan suhu setrika tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Setrika yang terlalu panas dapat merusak sablon DTF, sedangkan setrika yang terlalu dingin tidak akan cukup efektif untuk menyetrika dengan baik.

2. Gunakan Kain Pelindung

Saat menyetrika pakaian dengan sablon DTF, selalu gunakan kain pelindung di atas gambar. Kain pelindung ini akan melindungi gambar dari kontak langsung dengan setrika panas. Pastikan kain pelindung yang digunakan lembut dan tidak bergesekan dengan mudah agar tidak menggeser atau merusak gambar.

3. Jangan Menggunakan Uap

Hindari penggunaan setrika uap saat menyetrika pakaian dengan sablon DTF. Uap yang dihasilkan oleh setrika uap dapat merusak gambar dan melunakkan lem yang digunakan untuk memasang sablon DTF pada pakaian. Gunakan setrika kering untuk menjaga kualitas sablon DTF.

4. Setrika dari Bagian Belakang

Pada saat menyetrika pakaian, tidak langsung menyetrikanya dari bagian depan gambar, melainkan lakukan setrika dari bagian belakang gambar. Ini akan membantu menjaga keutuhan gambar dan mencegah sablon DTF terkelupas atau rusak selama proses penyetrikaan.

5. Jangan Menggosok dengan Kuat

Hindari menggosok gambar dengan kuat saat menyetrika pakaian dengan sablon DTF. Tekan setrika secara lembut untuk menghilangkan kerutan dan lipatan pada pakaian, namun jangan terlalu keras untuk mencegah gambar terkikis atau rusak.

BACA  JUGA: Perbandingan Kualitas Sablon DTF VS Plastisol

Mesin Rhinotec DTF Series
Mesin Rhinotec DTF Series

Frequently Asked Questions (FAQ)

Q: Berapa suhu ideal untuk menyetrika pakaian dengan sablon DTF?

A: Suhu ideal untuk menyetrika pakaian dengan sablon DTF tergantung pada jenis kain yang digunakan. Namun, umumnya suhu antara 130-150 derajat Celsius dianggap sebagai suhu yang aman untuk sablon DTF.

Q: Apa yang harus dilakukan jika gambar mulai terkelupas saat menyetrika pakaian?

A: Jika gambar mulai terkelupas saat menyetrika pakaian, hentikan proses penyetrikaan segera. Biarkan pakaian dan sablon DTF mendingin dan gunakan kain pelindung yang lebih lembut saat menyetrikanya kembali. Jika kerusakan pada gambar sudah parah, sebaiknya gunakan jasa profesional untuk memperbaiki sablon DTF atau mengganti dengan sablon baru.

Q: Apakah sablon DTF tahan lama?

A: Sablon DTF dapat tahan lama jika dirawat dengan baik. Hindari mencuci pakaian dengan sablon DTF menggunakan deterjen yang keras atau menggosoknya terlalu kuat saat mencucinya. Selalu ikuti petunjuk perawatan yang disertakan oleh produsen sablon DTF.

Nah itu tadi ulasan tentang beberapa tips untuk menjaga kualitas sablon DTF. Semoga bermanfaat ya Rhinovers.


Pastikan untuk memilih mesin kualitas terpercaya dari Rhinotec. Untuk informasi terbaru seputar promo, berita produk dan lainnya, jangan lupa follow instagram Rhino Indonesia ya. Kalian juga bisa menghubungi Rhinocare di 0811166673 untuk mendapatkan saran dan rekomendasi seputar usaha sablon digital printing.


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikel Sablon DTFCara Menjaga Kualitas Sablon DTF saat Menyetrika Pakaian

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon