10 Jenis Kertas Untuk Membuat Sticker

10 Jenis Kertas Untuk Membuat Sticker

Jenis kertas sticker – Tipe sticker terdiri dari beragam jenis dan pada tulisan kali mimin akan memberikan penjelasan selengkapnya mengenai hal hal yang demikian, terutamanya yang lazim diterapkan dan dipakai oleh pelaku usaha, organisasi, maupun individu.

Sticker sendiri seringnya dipakai untuk dibuat alat promosi yang bisa ditempel ke beragam jenis benda pantas dengan keperluan dan tujuan serta isi dari pesan yang ada pada stiker hal yang demikian.

harga rhinotec rc asc

Sebab sifatnya yang disesuaikan dengan keperluan hal yang demikian, menyebabkan munculnya berjenis-jenis ragam stiker yang ditawarkan oleh penyedia layanan cetak stiker dimana saja, yang umumnya diamati dari ragam bahan dan ketahanannya.

Melainkan, untuk lebih memahami perihal stiker ini, ada bagusnya kita memandang kebelakang mengenai sejarah dari stiker dan asal-usulannya sehingga dapat berkembang menjadi salah satu media promosi offline yang populer ketika ini.

Sebelumnya, anda juga dapat membaca mengenai tulisan kami lainnya berkaitan sticker seperti apa saja manfaat stiker sebagai alat promosi, termasuk apa saja kelebihan stiker sebagai media promosi, dan sebagian kiat metode desain stiker yang dapat anda coba.

Asal Mula Kertas Sticker

Asal Mula Kertas Sticker

Hakekatnya tak dikenal dengan pasti siapa yang permulaan mula menghasilkan stiker dan sebagian orang serta sejarawan punya anggapan yang berbeda, ini dikarenakan pada peradaban Mesir Kuno sendiri sudah ditemukan semacam kertas yang ditempel ke tembok di zona pasar-pasar mereka.

Sebagian anggapan mensupport bahwa Sir Rowland Hill, seorang guru dan penemu asal Inggris, pada tahun 1839 sukses membikin semacam kertas adhesive yang walhasil menjadi permulaan mula prangko.

Lalu ada juga yang mensupport bahwa pendiri dari merek populer Avery Labels, ialah R. Stanton Avery, ialah yang pertama kali menemukan sticker sesudah keberhasilannya menemukan label yang dapat merekat pada tahun 1939.

Ada juga yang lebih percaya bahwa sticker ditemukan pertama kali di Eropa pada tahun 1880-an, walaupun tak dikenal oleh siapa, sebab pada masa itu biasa ditemukan adanya label harga pada sayuran dan buah-buahan yang dipasarkan di pasar.

Kebanyakan sticker generasi permulaan hal yang demikian, bagus dalam format prangko maupun label, tak dapat segera merekat pada obyek namun patut dibasahi terpenting dulu dengan air maupun air liur seperti pada prangko.

Perbedaan anggapan hal yang demikian terjadi sebab tergantung dari definisi sticker yang dipakai oleh masing-masing orang, apakah sticker itu diistilahkan sebagai “kertas yang dapat ditempelkan” atau diistilahkan sebagai “kertas yang dapat ditempelkan untuk tujuan promosi”.

10 Jenis Kertas Untuk Membuat Sticker

Berikutnya kita akan mulai membahas mengenai apa saja variasi sticker yang ada di pasaran, dan bagaimana aplikasi yang ideal untuk suatu variasi stiker tertentu sehingga dapat dipakai secara maksimal.

Tipe dan jenis kertas sticker antara lain ialah :

Kertas Sticker Vinyl

jenis kertas vinyl

Jenis kertas sticker Vinyl adalah variasi stiker yang paling biasa dipakai dan mempunyai banyak sekali varian yang dapat anda pilih layak keperluan.

Cocok namanya, stiker Vinyl ialah stiker yang terbuat dari bahan Vinyl yang betul-betul bendung kepada air dan mempunyai kelenturan yang bagus diperbandingkan kertas HVS, sehingga sesuai untuk diciptakan stiker outdoor (dilekatkan di luar ruangan).

Kelebihan dari stiker Vinyl ini antara lain :

  • Tak gampang luntur,
  • Gampang dirawat dan dibersihkan,
  • Layak untuk pemakaian outdoor
  • Penerapan bentang panjang
  • Penerapan stiker ini betul-betul bervariasi, tapi biasa dipakai untuk membikin stiker yang ditempel pada kaca kendaraan beroda empat, banner, stiker untuk poster, dan berbagai keperluan lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Stiker Sendiri Pakai Kertas HVS

Kertas Sticker HVS

Kertas Sticker HVS

Berikutnya variasi stiker yang juga biasa dipakai oleh banyak orang ialah stiker kertas HVS yang layak namanya terbuat dari bahan kertas HVS tapi dilapisi adhesif pada komponen belakangnya sehingga dapat ditempelkan.

Biasanya stiker variasi ini akan dipakai untuk stiker label yang ditempel di buku tulis, undangan, souvenir, kemasan, dan lain sebagainya, dan tarif produksinya jauh lebih murah diperbandingkan stiker vinyl.

Sebab bahannya yang terbuat dari HVS hal yang demikian, stiker ini betul-betul rentan luntur jika terkena air maupun perubahan temperatur yang ekstrim, dan juga akan gampang untuk memudar di kemudian hari sehingga tak sesuai untuk pemakaian bentang panjang.

Kertas Sticker Oracal

Kertas Sticker Oracal

Jenis kertas sticker Oracal adalah salah sati variasi stiker outdoor yang biasa dipakai untuk keperluan luar ruangan yang memerlukan ketahanan ekstra jika diperbandingkan dengan stiker Vinyl.

Penerapannya yang paling sering kali ialah sebagai cutting sticker pada motor, kendaraan beroda empat, helm, dan lain sebagainya yang umumnya lebih gampang dilepas dan tak terlalu meninggalkan bekas pada permukaan.

Kertas Sticker Kromo / Chromo

Kertas Sticker Kromo / Chromo

Stiker kromo atau Chromo ialah stiker yang terbuat dari bahan kertas yang bisa dengan betul-betul kuat merekat pada suatu permukaan sehingga akan susah untuk dikelupas serta meninggalkan bekas.

Tarif produksinya yang murah menjadi salah satu alasan kenapa stiker ini cukup banyak dipakai, khususnya untuk keperluan-keperluan di dalam ruangan, dan biasa diaplikasikan untuk mencetak logo usaha atau merek yang dibagibagikan ke pelanggan atau calon pelanggan.

Kertas Sticker Foil

Kertas Sticker Foil

Stiker Foil ialah stiker yang mempunyai lapisan berkilau layaknya logam, berwarna perak atau emas metalik, yang lazimnya menerapkan bahan yang disebut dengan Polyflex, serta mulai kian banyak diaplikasikan sebagai salah satu opsi teknik sablon t-shirt yang unik dan bendung lama.

Kertas Sticker Bontax

Kertas Sticker Bontax

Stiker Bontax atau Bontaks ini adalah sejenis stiker kertas HVS tapi memiliki kekuatan bendung yang jauh lebih bagus sehingga banyak dipakai untuk label industri, kemasan, dan lain sebagainya.

Stiker ini juga dapat diberi laminasi seperti Glossy atau Doff pada permukaannya, layak dengan selera serta keperluan pengorder, dan mempunyai kekuatan rekat yang awet dan juga bendung lama.

Kertas Sticker Yupo

Kertas Sticker Yupo

Stiker Yupo ialah stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetik yang mempunyai keawetan dan ketahanan yang betul-betul bagus, sehingga banyak dipakai untuk keperluan outdoor seperti stiker pengumuman, stiker label untuk berita, stiker yang ditempatkan di zona-zona biasa, dan lain sebagainya.

Bahan perekat nya terbuat dari bahan akrilik permanen yang betul-betul kuat, amti air, anti pudar, dan pada percetakan komputerisasi printing stiker ini cuma dapat dicetak dengan metode menerapkan tinta UV.

Kertas Sticker Scotchlite

Kertas Stiker Scotchlite

Stiker scotchlite ialah sejenis stiker reflektif yang bisa memantulkan sinar warna permukaannya, khususnya pada dikala terkena sinar sang surya maupun lampu, sehingga bisa terang kelihatan di malam hari.

Penerapan stiker ini dapat anda dapatkan pada kendaraan-kendaraan pelayan publik seperti kendaraan beroda empat polisi, ambulan, damkar, dan lain sebagainya, atau pada pakaian seragam teknisi pengalian jalan, tambang, marka jalan, dan masih banyak lagi.

Kertas Sticker One Way

Kertas Stiker One Way

Stiker One Way atau stiker One Way Vision adalah stiker yang terbuat dari bahan khusus dengan tekstur berlubang, yang cuma bisa dipandang dengan terang dari satu sisi saja sementara tak di sisi lainnya.

Kegunaan yang paling utama dari stiker ini ialah pada pemasangan branding di kaca kendaraan beroda empat yang menutup semua permukaan sehingga akan bisa kelihatan dengan terang oleh pengendara lainnya, tapi pengemudi atau merekayang berada di dalam kendaraan beroda empat akan bisa konsisten memandang ke luar dengan terang.

Kecuali di kaca kendaraan beroda empat, stiker ini juga biasa diciptakan hiasan pada kaca perkantoran atau daerah usaha guna mencegah pandangan dari luar memandang ke dalam sekalian bisa memberikan berita atau promosi produk bagi yang memandang dari luar.

Kertas Sticker Transparan

Kertas Stiker Transparan

Stiker transparan, layak namanya, ialah stiker yang menerapkan bahan bersifat tembus pandang, yang lazimnya terbagi menjadi 3 variasi ialah stiker transparan Ultra Clear yang betul-betul jernih, kemudian stiker transparan standar, dan stiker transparan doff yang mempunyai lapisan dof di permukaannya.

Stiker ini juga cukup biasa dipakai pada kaca jendela kendaraan beroda empat atau pada permukaan kaca lainnya seperti kaca display pada warung maupun kaca yang diciptakan pembatas ruangan pada perkantoran.

Kiat Memilih Macam Stiker yang Ideal

Sesudah mengenal berbagai variasi stiker hal yang demikian, berikutnya anda patut memahami elemen apa saja yang perlu diciptakan pertimbangan dalam memilih stiker, agar nantinya layak dengan apa yang anda butuhkan.

Sebagian elemen yang dapat anda jadikan pertimbangan dalam memilih variasi stiker antara lain ialah sebagai berikut :

Pilihlah Sticker Untuk Dalam Ruangan atau Luar Ruangan

Tips pertama ialah pada lokasi penempatan stiker, apakah akan lebih banyak berada di dalam ruangan (Indoor) atau di luar ruangan (Outdoor), yang tentunya akan memerlukan variasi stiker yang berbeda untuk masing-masing situasi.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, ada sebagian variasi stiker yang tak mempunyai ketahanan yang bagus pada dikala berada di luar ruangan, semisal ialah stiker HVS, dan ada yang mempunyai kwalitas betul-betul bagus du liar ruangan seperti stiker Vinyl, Oracal, dan stiker Scotchlite.

Ketahanan Sticker Yang Dibuat

Selanjutnya adalah pada bentang waktu pemasangannya, apakah stiker hal yang demikian perlu bertahan dalam waktu yang lama atau tak terlalu dibutuhkan.

Kami juga sudah sebutkan sebelumnya bahwa ada sebagian variasi stiker yang kencang memudar dan ada yang ketahanan warnanya terjaga untuk waktu yang lama sehingga dapat anda jadikan pertimbangan.

Anggaran Biaya Untuk Produksi

Berikutnya ialah faktor anggaran, yang mana tentunya ini akan bisa memberi pengaruh pertimbangan anda kepada dua elemen sebelumnya.

Stiker HVS dan kromo diketahui sebagai stiker yang betul-betul relatif murah dan paling murah diantara semuanya, namun kencang pudar dan tak bendung berada di luar ruangan.

Sementara untuk stiker Vinyl dan Oracal mempunyai kekuatan bendung yang bagus dan tenar awet, serta sesuai dipakai di luar ruangan, tapi tarif produksinya jauh lebih mahal diperbandingkan stiker HVS atau kromo.

Ketahui Fungsi dan Kegunaannya

Lalu elemen yang terakhir ialah pada fungsi dan kegunaan dari stiker hal yang demikian, khususnya apabila anda mempunyai keperluan yang spesifik, seperti yang ditawarkan oleh stiker Scotchlite yang kapabel menyala dikala terkena sinar, atau stiker One Way yang cuma bisa dipandang pada satu sisi saja.

Keempat elemen hal yang demikian tentunya saling berhubungan dan berkaitan, namun dengan mengenal apa variasi stiker yang sesuai untuk keperluan anda akan menciptakan tarif yang dikeluarkan lebih maksimal dan hasil yang diinginkan akan tercapai.

Lalu, Bahan Sticker Mana Yang Bagus?

Memilih jenis kertas sticker yang ideal untuk dipakai kadang-kadang bukanlah perkara gampang, khususnya jika anggaran yang kita siapkan tak mencukupi untuk memenuhi tarif produksi stiker yang ideal, namun itu semuanya tentu dapat anda cari jalan tengah yang terbaik dengan lebih mendalami seputar kelebihan dan kekurangan dari masing-masing variasi.

Semoga penjelasan kami mengenai ragam dan variasi stiker yang ada di pasaran bisa menolong anda untuk menentukan apa variasi yang akan anda pakai untuk keperluan anda, dan dapat diciptakan acuan untuk kemudian hari.

Tag: jenis stiker timbul,macam macam stiker motor,jenis stiker untuk acrylic,bahan stiker anti air,bahan bahan stiker,kertas stiker yang bisa di print biasa,ukuran kertas stiker vinyl,kertas stiker a3

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat