Proses Sablon Merchandise Dengan DTF UV

Custom merchandise merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Permintaan terhadap produk-produk merchandise untuk kebutuhan promosi perusahaan, souvenir pernikahan, hingga merchandise group idola tertentu yang semakin meningkat juga menjadi alasan mengapa bisnis ini jadi incaran para pengusaha. Salah satu metode yang sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan sablon merchandise adalah metode sablon DTF UV. Nah, seperti apa sih proses sablon merchandise DTF UV? Yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Baca Juga: Mesin DTF UV 1600 cm Dengan 2 Printhead

Sablon DTF UV

Metode sablon DTF UV merupakan metode custom khusus untuk produk merchandise dengan permukaan keras, seperti gelas, tumbler, gantungan kunci, tas, case hp, dan lain-lain. Metode ini memungkinkan kalian untuk melakukan custom pada hampir semua bahan merchandise, mulai dari plastik, kaca, kayu, stainless, keramik, hingga karet. Hal ini dikarenakan proses pengaplikasian desain pada media tidak memerlukan proses pemanasan lagi, kalian hanya tinggal menempelkan desain yang sudah dicetak pada pet film dtf uv ke media merchandise, seperti menempelkan sticker saja. Proses produksi juga sangat mudah dan cepat loh.

Proses Sablon Merchandise Dengan DTF UV
Mesin DTF UV Rhinotec

Proses Sablon Merchandise Dengan DTF UV

Proses sablon merchandise dengan DTF UV (Direct to Film Ultraviolet) adalah teknik cetak yang digunakan untuk mencetak gambar atau desain pada berbagai jenis merchandise, seperti kaos, topi, tas, atau produk lainnya menggunakan tinta DTF UV. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam proses sablon merchandise dengan DTF UV:

  1. Siapkan desain dengan resolusi tinggi (PNG atau Tiff)
    Persiapkan desain atau gambar yang ingin Anda cetak pada merchandise menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Illustrator dengan resolusi tinggi (format PNG atau Tiff). Pastikan desain sesuai dengan area cetak pada merchandise dan disesuaikan dengan ukuran yang tepat.
  2. Lalu pindahkan file desain yang sudah siap ke software mesin DTF UV
    Setelah desain sudah jadi, pindahkan desain tersebut ke aplikasi yang akan digunakan oleh mesin dtf uv yaitu Photoprint
  3. Lakukan penyesuaian warna dan pengaturan lainnya sebelum dicetak
    Setelah itu atur pewarnaan dan pengaturan lainnya pada software photoprint seperti yang ada pada buku panduan.
  4. Proses cetak desain pada pet film DTF UV
    Cetak desain pada PET film khusus DTF UV menggunakan printer yang dilengkapi dengan tinta DTF UV yang sesuai. Film DTF UV adalah jenis film yang dapat menempel pada permukaan merchandise saat dipanaskan.
  5. Proses laminasi dengan plastik laminasi khusus, agar desain dapat menempel pada media
    Setelah proses cetak selesai, lapisi hasil desain yang sudah dicetak tadi dengan plastik laminasi yang digunakan khusus untuk sablon dtf UV.
  6. Pemotongan
    Gunting desain yang sudah selesai dilaminasi sesuai kebutuhan
  7. Penyelesaian
    Lalu tempelkan pada media seperti menempelkan stiker. Disarankan menggunakan alat bantu squeegee untuk menghilangkan sisa gelembung udara pada stiker

Proses sablon merchandise dengan DTF UV menghasilkan hasil cetakan yang tahan lama, berwarna, dan tajam. Ini adalah teknik yang cocok untuk mencetak merchandise kustom dengan desain yang kompleks dan warna yang hidup. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan yang sesuai untuk menjaga kualitas cetakan seiring waktu.


Nah itu dia proses sablon merchandise dengan metode DTF UV. Sangat mudah, cepat, dan efisien kan? Saat ini mesin Rhinotec DTF UV sudah dilengkapi dengan sistem 2 in 1, dimana dalam satu mesin sudah bisa sekaligus melakukan proses print dan laminasi, jadi lebih praktis. Gimana tertarik mencoba sablon merchandise dengan DTF UV? Kalian bisa cek info selengkapnya di Instagram Rhino Indonesia atau hubungi Rhinocare di 0811166673.

Rhinotec DTF UV 1600 Double Head
Rhinotec DTF UV 1600 Double Head

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaArtikel Sablon DTFProses Sablon Merchandise Dengan DTF UV

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon