Tali Lanyard – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Kelebihannya

Tali Lanyard - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Kelebihannya

Tali Lanyard adalah tali yang berfungsi sebagai tempat untuk menggantungkan kartu identitas atau id card karyawan atau komunitas yang berfungsi sebagai tanda pengenal.

Rhinotec.co.id – Beberapa dari Anda yang mungkin tidak begitu akrab dengan tali lanyard, tetapi hal ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan kita. Dan kami percaya Anda belum pernah melihat bahkan menggunakan kehidupan sehari-hari. Pernahkah Anda melihat seorang karyawan menggunakan kartu id, atau komite untuk penggunaan id kepanitian? Nah, tali yang digunakan untuk menggantungkan id card itu dinamakan dengan tali lanyard.

Tidak hanya digunakan pada kartu id atau kepanitian, bahkan banyak juga menggunakan jenis tali pada berbagai perangkat salah satunya adalah handphone, yang berfungsi sebagai pengantung pada leher agar mudah dibawa atau agar tidak jatuh.

Pengertian Tali Lanyard

tali lanyard murah

Tali lanyard adalah tali yang digunakan untuk menggantung barang baik hp, usb atau id card. Bahan tali lanyard umumnya dibuat dengan menggunakan bahan polyester yang tidak mudah rusak. Sedangkan untuk ukuran panjangnya sangat beragam sesuai kebutuhan.Tali lanyard ini biasanya sering ditemukan di instansi pemerintah maupun swasta, perjalanan, kegiatan Umrah dan Haji, serta event tertentu, seperti seminar, pameran dan workshop.

Fungsi Tali Lanyard

Selain kartu identitas, lanyard yang banyak orang menggunakannya, ini tali lanyard pribadi juga memiliki banyak fitur lain yang sangat berguna bagi Anda.

Terutama bagi perusahaan yang berada dalam tahap pengembangan dan membangun merek atau positioning serta perusahaan yang ingin mempertahankan eksistensi mereka terhadap pesaing. Pertimbangkan beberapa fungsi berikut:

mesin press tali lanyard

Media Branding

Tali lanyard yang pada permukaannya dicetak nama dan logo suatu perusahaan maupun lembaga dapat dijadikan sebagai media branding perusahaan maupun lembaga tersebut.

Jika para pegawai yang mengenakan tali lanyard tersebut berada di tempat umum seperti tempat makan maupun transportasi umum maka secara tidak langsung mereka tengah mengenalkan perusahaan/lembaga tempatnya bekerja kepada orang-orang di tempat tersebut. Sebab, orang-orang di sekitarnya pasti akan ada yang tidak sengaja membaca tulisan dan logo pada permukaan tali lanyard yang dikenakannya.

Orang-orang yang membaca tulisan dan melihat logo pada lanyard tersebut akhirnya mendapat informasi baru bahwa ada perusahaan/lembaga dengan nama tersebut.

Membedakan Pegawai dengan Klien

Fungsi tali lanyard yang kedua adalah untuk membedakan para pegawai sebuah perusahaan/lembaga dengan para klien yang berkunjung ke kantor perusahaan/lembaga tersebut.

Apabila para karyawan tidak mengenakan tali lanyard ini, maka penampilan mereka akan tampak sama dengan para klien. Apalagi jika para pegawai tersebut tidak mengenakan seragam, melainkan pakaian kasual.

Tampilan para pegawai dan klien yang tampak sama akan menjadikan para klien yang baru pertamakali mengunjungi kantor perusahaan/lembaga tersebut jadi tidak bisa membedakan mana para pegawai dan mana sesama klien. Akhirnya, para klien baru yang tadinya hendak meminta bantuan kepada para pegawai jadi salah orang, mereka justru meminta bantuan kepada sesama klien.

Mencegah Penipuan

Apabila klien yang disangka sebagai pegawai tersebut merupakan orang  yang jujur, maka ia pasti akan mengatakan bahwa ia juga merupakan klien. Namun, kita tidak pernah tahu watak seseorang, bisa jadi klien tersebut memanfaatkan ketidaktahuan klien lain yang menyangkanya sebagai pegawai. Ia bisa saja mengaku sebagai pegawai perusahaan/lembaga yang bersangkutan lalu melakukan penipuan.

Namun, jika para staff perusahaan/lembaga tersebut mengenakan tali lanyard, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman seperti poin nomor dua sehingga tidka terjadi penipuan. Apabila tetap terjadi kesalahpahaman, maka klien yang disangka sebagai pegawai tidak dapat menipun karena ia tidak mengenakan tali lanyard id card, sementara para staff yang sebenarnya mengenakan tali lanyard.

Kelebihan Lainnya:

  • Tampilan dan desain dari tali dan seragam yang sama untuk semua karyawan akan dipekerjakan terlihat kompak dan membawa rasa keakraban dan kesatuan pikiran untuk terus produktif untuk kelangsungan hidup perusahaan.
  • Menggunakan tali kartu identitas tergantung di lehernya, akan membuat mereka karyawan lebih elegan karena hampir terlihat seperti kesetaraan.
  • Manfaat KTP sebagai identitas perusahaan jika mereka hendak melakukan di lapangan atau jasa off-site.
  • Sebagai aksesoris yang akan membuat karyawan merasa lebih percaya diri
  • Sebuah tali ID card lebih nyaman dan aman di layar karyawan KTP tanpa harus repot-repot untuk mengambil atau mengeluarkan kartu dari dompet.
  • kabel tali ID dikenakan oleh karyawan untuk memfasilitasi merek bisnis atau memperkenalkan tentang perusahaan Anda kepada publik.
  • Menggunakan kartu identitas Slinky ini, maka akan sangat mudah untuk mengenali identitas karyawan terhadap satu sama lain, terutama jika Anda memiliki karyawan dalam jumlah besar.

Jenis Tali Lanyard

Lanyard secara umum terbagi menjadi dua yaitu lanyard sablon dan lanyard printing. Nah, berikut ini sedikit ulasann perbedaann antara keduanya agar Anda dapat memilih lanyard yang terbaik untuk kebutuhan Anda:

1. Lanyard Sablon

Merawat Tali Lanyard Jenis Sablon Digital Printing

Lanyard sablon merupakan tali identitas yang diwarnai dengan menggunakan metode sablon. Keuntungan menggunakan lanyard sablon adalah harganya yang cukup terjangkau. Itu sebebnya banyak perusahaan hingga biro umroh dan haji memilih menggunakan lanyard jenis ini.

Namun, dibalik harga murah yang ditawarkan ada sejumlah kekurangan yang harus ditanggung pemesan, yaitu warna lanyard-nya mudah pudar jika digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, jika menggunakan sablon, lanyard jenis ini hanya bisa menggunakan satu atau dua warna saja dan pelanggan harus memesan dalam jumlah yang cukup besar.

2. Lanyard Printing

tali lanyard printing

Lanyard printing adalah lanyard yang dicetak menggunakan printer khusus sablon. Kelebihan lanyard jenis ini adalah dalam proses pembuatannya dapat menggunakan berbagai macam warna dan lebih tahan lama. Selain itu, hasil lanyard printing juga lebih halus dan komposisi warnanya lebih menarik. Namun,keunggulan tersebut tentu harus dibayar dengan banderol harga yang lebih mahal dibanding dengan lanyard sablon.

Kelebihan Memakai Tali Lanyard

Penggunaan jenis Polyester dalam lanyard tentu bukan tanpa alasan. Polyester merupakan salah satu jenis kain, dimana kain ini termasuk salah satu jenis kain sintetis yang biasa digunakan untuk menambah kualitas dari kain tertentu.

Jenis kain ini juga memiliki keunggulan seperti memiliki teksture yang lumayan keras, tidak mudah rusak atau tahan lama, tidak mudah mengalami kekusutan, bahkan bisa lebih cepat kering jika terkena air. Kelebihan-kelebihan inilah yang membuat banyak produsen menggunakan kain berjenis Polyester. Dengan menggunakan kain ini, diharapkan tali lanyard bisa mudah untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Cutting Sticker VS Print Cut – Perbedaan dan Keungulannya

Pada awalnya tali ini hanya digunakan untuk beberapa bidang saja, salah satu bidang yang sering menggunakan barang yang satu ini yaitu para official sepakbola. Namun perkembangan barang satu ini sangatlah pesat, dan hampir semua karyawan perusahaan yang ada di dunia juga menggunakannya, bahkan sampai dengan gadged mania, meskipun hanya digunakan untuk penghias saja.

Jika dilihat dari segi desain, tali lanyard untuk kebutuhan perusahaan dan aksesoris perangkat elektronik sedikit mengalami perbedaan. Perusahan-perusahaan bisanya lebih memilih sebuah lanyard yang pada bagian sampingnya terdapat desain baik yang mencantumkan nama atupun logo. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melakukan promosi terhadap keberadaan perusahaan mereka, sedangkan untuk aksesoris seperti perangkat elekronik, keberadaan gambar pada sisi tali tersebut sangat beragam, dan kadang menyangkut sebuah gambar yang sedang ngetren.

Demikian artikel dari rhinotec.co.id tentang Tali Lanyard – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Kelebihannya. Simak Tips, Tutorial, How to, dan Informasi seputar sablon digital di Youtube Rhino Indonesia. Bagaimana, sekarang sudah tahu kan apa itu lanyard? Di Rhino Indonesia kamu juga bisa beli tali lanyard polos loh untuk di custom . Untuk informasi lebih lanjut silahkan chat admin atau kunjungi distributor rhino indonesia terdekat dikotamu seperti surabaya , jogja, jakarta bogor dan dikota lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Rhinovers.

×

Halo!

Silahkan chat saya jika ada pertanyaan!!

× Chat