Tips Merawat Mesin Printing Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Merawat Mesin Printing – Tidak terasa hari raya Idul Fitri akan segera tiba. Masyarakat Indonesia sudah bersiap untuk mudik lebaran dan bertemu sanak saudara di kampung halaman. Tak terkecuali para pengusaha di industri custom produk atau sablon digital. Salah satu kekhawatiran yang sering muncul bukanlah kehilangan pesanan dari pelanggan di waktu lebaran, namun kondisi mesin printing yang akan ditinggal dalam jangka waktu lama dan tidak digunakan untuk produksi.

Seperti yang kita ketahui, mesin printing yang tidak digunakan untuk produksi rentan mengalami kerusakan terutama pada bagian printhead. Hal ini disebabkan oleh sisa tinta yang mengendap dan mengerak pada mesin, sehingga lama kelamaan dapat mempengaruhi Performa mesin. Nah, bagaimana solusinya merawat mesin printing agar mudik lebaran lebih tenang meninggalkan mesin printing tanpa produksi dalam waktu yang lama? Yuk simak caranya di artikel ini!

Tips Merawat Mesin Printing Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Merawat Mesin Printing dengan flusing ink

Untuk menghindari kerusakan pada mesin printing saat ditinggal mudik lebaran, kalian disarankan untuk melakukan FLUSHING sebelum berangkat mudik.

Flushing merupakan proses pengurasan tinta secara menyeluruh dari mesin printing. Tujuannya adalah agar tidak ada tinta yang tersisa dan menempel pada seluruh bagian mesin, mulai dari selang, tangki, hingga bagian printhead. “

Untuk melakukan proses flushing diperlukan cairan pembersih atau cleaner untuk membantu proses Pembersihan tinta dari seluruh bagian mesin. Terdapat beberapa jenis cleaner yang bisa disesuaikan dengan jenis mesin printing yang kamu miliki. Proses flushing ini perlu dilakukan untuk semua jenis mesin printing yaitu mesin printing DTFDTF UVmesin sublimasi,  eco-solvent, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Merawat Mesin DTF Agar Kualitas Hasil Cetak Tetap Terjaga

Nah, itu dia solusi merawat mesin printing saat ditinggal mudik lebaran dan dalam keadaan tidak beroperasi di rumah. Pastikan seluruh bagian yang terkena tinta dibersihkan hingga tidak ada sisa tinta yang menempel ya. Jangan lupa siapkan cleaner yang sesuai dengan jenis mesin printingmu.

Rangkaian produk cleaning solution dari Rhinosub menawarkan beragam jenis kebutuhan cleaner bagi mesin printing-mu. Tutotial lengkap cara melakukan flushing bisa kalian cek di Youtube channel Rhino Indonesia ya!


Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z

Dalam industri percetakan modern, teknologi terus berkembang untuk memenuhi tuntutan pasar yang semakin kompleks dan beragam. Salah satu teknik yang semakin populer adalah sablon DTF (Direct to Film). … Continue reading Sablon DTF dalam Dunia Printing, Pahami dari A-Z, ...

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

Ikuti dan Tambahkan Rhinotec ke feed Google Berita Anda.

BerandaTips & TutorialTips Merawat Mesin Printing Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Related articles

KONSULTASI USAHA CETAK SABLON BERSAMA RHINOTEC INDONESIA

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

Recent blog posts

Paket usaha sablon