Menciptakan desain kaos asli sangat penting untuk berhasil dalam bisnis kaos. Tetapi apakah Anda tahu apa yang lebih penting? Menargetkan niche yang tepat.
Industri e-commerce penuh dengan berbagai niche kaos, tetapi tidak semuanya menghasilkan jumlah uang yang sama. Menangkap tren yang tepat pada waktu yang tepat dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan penjualan.
Kami telah menyiapkan daftar beberapa niche kaos yang sedang tren dan menguntungkan yang memiliki potensi untuk membuat bisnis cetak berdasarkan permintaan Anda melonjak pada tahun 2024.
Apa Itu Niche?
Niche adalah segmen pasar khusus untuk produk atau layanan tertentu yang membedakannya dari yang lain. Ini memungkinkan Anda memusatkan perhatian, membangun basis pelanggan setia, dan meminimalkan persaingan.
Ketika pelanggan mencari kaos untuk dibeli, mereka memiliki keinginan dan minat khusus dalam pikiran. Sebagai contoh, pemilik Labrador mungkin mencari “kaos labrador lucu“, menjadikan mereka bagian dari niche tertentu.
Tentu saja, Anda tidak bisa hanya mulai menargetkan niche acak dan mengharapkan toko Anda berhasil. Penting untuk mengikuti tren dan membangun toko kaos Anda sekitar produk yang diinginkan orang.
Untuk membantu Anda memulai dengan benar, mari kita jelajahi 10 niche kaos yang sedang tren saat ini seperti yang kami kutip dari printify.com.
10 Tren Niche Kaos 2024 untuk Anda Coba
Menjual kaos di pasar niche tertentu dapat memberikan Anda lebih banyak kesuksesan daripada mencoba memuaskan audiens besar.
Ketika memilih niche kaos, jangan pilih kategori yang sangat luas. Banyak niche kecil yang menguntungkan memiliki pelanggan yang bersemangat dan mungkin menjadi penggemar terbesar ide desain kaos Anda.
Ingatlah bahwa tren datang dan pergi, dan Anda harus menyesuaikan target pasar Anda dengan sesuai.
Berikut beberapa niche kaos terlaris yang bisa Anda coba.
1. Streaming & Acara TV
Industri televisi streaming video telah tumbuh selama bertahun-tahun tanpa tanda-tanda melambat. Netflix sendiri memiliki 223 juta pelanggan berbayar. Orang-orang suka menonton konten video dan mengenakan merchandise yang terkait dengan acara favorit mereka.
Apakah kaos Anda berfokus pada franchise yang sudah mapan atau hit terbaru, niche ini dapat membawa keuntungan serius untuk bisnis cetak berdasarkan permintaan Anda.
Hal paling penting dalam niche kaos ini adalah menghindari pelanggaran hak cipta. Jika Anda tidak berhati-hati dalam menciptakan kaos yang tidak termasuk konten yang dibuat oleh orang lain, Anda berisiko ditutup toko Anda.
Berkreasilah dengan desain – buat ilustrasi dan grafis yang unik, gunakan karakteristik dan ungkapan khas, dan tambahkan sentuhan pribadi pada konten streaming dan TV.
2. Hewan & Peliharaan
Mustahil memiliki daftar niche kaos yang tidak mencakup hewan dan peliharaan. Baik itu kaos atau pakaian lainnya, orang-orang suka menunjukkan cinta mereka pada hewan dengan pakaian.
Desain kucing dan anjing adalah taruhan aman dalam ide desain kaos, tetapi pasar niche ini juga sangat jenuh. Cobalah fokuskan desain Anda pada gaya tertentu daripada mencari hewan atau jenis hewan tertentu.
3. Makanan
Niche kaos yang lezat ini selalu gaya. Meskipun persaingannya mungkin ketat, permintaan kaos dengan desain makanan tidak pernah berhenti.
Kaos dengan masakan nasional memungkinkan pemakainya mewakili negara asal mereka dan karakteristik uniknya, sementara ilustrasi makanan dapat membawa kebahagiaan pada setiap outfit. Anda dapat membuat desain dengan kiasan makanan cepat saji – kaos sangat cocok untuk desain tipografi.
4. Gaming
Industri gaming sangat besar. Pasar permainan video global diperkirakan mencapai $149,82 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan mencapai $314,00 miliar pada tahun 2027.
Dengan permainan video datang berbagai merchandise, dan kaos merupakan bagian besar dari kue tersebut. Game-game paling populer memiliki jutaan penggemar, dan mereka adalah pelanggan potensial Anda.
Anda dapat menargetkan desain kaos Anda pada game-video tertentu atau memiliki pendekatan yang lebih umum dan membuat produk untuk seluruh komunitas gaming.
Baca juga: Panduan untuk Pemula: Bagaimana Memulai Bisnis DTF Printing dari Nol?
5. Meme & Jokes
Ini merupakan niche yang menguntungkan dalam bisnis kaos sejak munculnya meme internet dan lelucon online.
Cara termudah adalah mendaur ulang meme dan lelucon populer dengan sentuhan kreativitas unik Anda. Untuk mempersempit fokus, buat desain meme yang menargetkan orang dengan hobi atau minat tertentu.
Ingatlah untuk mengikuti meme dan lelucon yang populer pada waktu tertentu. Gunakan media sosial (Instagram, Twitter, TikTok, Reddit, dll.) untuk melihat apa yang sedang populer dan apa yang telah melampaui puncak popularitasnya.
6. Pasangan, Keluarga & Anak-anak
Jika Anda mencari niche kaos yang menguntungkan yang memberikan lebih banyak ruang gerak, ini dapat memberikan Anda audiens besar calon pelanggan.
Kaos dengan desain personal yang ditujukan untuk pasangan, keluarga, dan anak-anak sangat cocok sebagai hadiah dan dapat disesuaikan dengan berbagai kesempatan.
Pikirkan pernikahan, ulang tahun, dan baby shower atau hari libur seperti Hari Valentine, Hari Ibu, Hari Ayah, dan banyak lainnya.
Mencari secara online dan penelitian desain terlaris dalam niche tertentu ini. Tambahkan sentuhan unik Anda, dan Anda akan siap dengan bisnis kaos yang menguntungkan.
7. Musik
Ada ratusan genre dan gaya musik yang berbeda dan banyak niche kaos yang dapat Anda targetkan dengan desain bertema musik.
Saat memikirkan kaos yang terkait dengan musik, pertimbangkan apakah Anda ingin mendekati penggemar genre tertentu, pendukung band-bang tertentu, atau musisi sebenarnya yang memainkan alat musik dan tampil.
8. Pekerjaan & Hobi
Sebagian besar orang bangga dengan hobi dan pekerjaan yang mereka lakukan, dan mereka suka membiarkan dunia tahu tentang passion mereka. Inilah tempat ide desain kaos Anda berperan.
Ada sub-niche untuk setiap profesi dan hobi, dan kemungkinan desainnya tak terbatas. Desain tipografi sangat laku, tetapi ada juga banyak kaos luar biasa yang lebih berorientasi pada ilustrasi. Teliti apa yang lebih laku di bidang pekerjaan dan waktu luang tertentu.
9. Traveling
Para desainer kaos menyukai niche ini. Sepertinya ada banyak kemungkinan untuk menjual kaos dengan desain perjalanan.
Baik Anda memfokuskan niche kaos Anda pada wilayah, negara, atau kota tertentu atau membuat desain yang menggambarkan gaya perjalanan tertentu, selalu ada permintaan.
Coba jual di niche perjalanan yang sedang tren ini:
Gunung Hutan Matahari dan laut Komunitas besar orang menikmati waktu mereka di alam, dan desain Anda bisa dibangun dari situ. Buat kaos dengan visual yang fokus pada mendaki, berkemah, atau kehidupan liar, atau ciptakan desain keren yang sepenuhnya tentang kehidupan pantai dan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.
10. Olahraga, Kesehatan & Kebugaran
Industri olahraga global diperkirakan bernilai lebih dari $700 miliar pada tahun 2026. Sebagian besar dari itu terdiri dari merchandise olahraga – mungkin pilihan terbaik jika Anda mencari niche kaos yang menguntungkan yang hanya akan meningkat dalam permintaan.
Coba niche kaos terkait olahraga ini:
Budaya kebugaran dan gym telah meningkat, jadi memusatkan desain kaos Anda di sekitar tema-tema ini dapat membuat toko Anda terbang tinggi. Anda bisa menggunakan kutipan motivasi, menggunakan lelucon atau meme gym, dan merancang grafis yang menyenangkan.
Olahraga pertarungan juga mengalami peningkatan signifikan dalam popularitas, membawa lebih banyak orang online mencari desain kaos keren. Tinju dan seni bela diri campuran adalah dua sub-niche paling populer saat ini.
Ada banyak niche olahraga dan kebugaran lainnya yang dapat Anda targetkan. Anda akan menemukan yang sesuai dengan riset online sedikit.
Sekarang setelah kita membahas beberapa niche kaos terlaris, bagaimana cara memilih yang tepat? Ada beberapa pendekatan yang dapat Anda ambil.
Baca Juga: Peluang Bisnis Tekstil Printing di Tahun 2024
Cara Memilih Niche Kaos yang Menguntungkan
Dengan begitu banyak niche kaos yang sedang tren tersedia untuk toko kaos Anda, memilih satu tidak boleh dianggap enteng.
Mustahil untuk menargetkan berbagai niche pasar dan tetap menjaga kualitas semua produk. Lebih baik memiliki toko Anda fokus pada satu tema unik.
Mari lihat bagaimana cara memilih niche kaos yang menguntungkan. Ada beberapa cara.
1. Pilih Sebuah Niche
Membangun penawaran kaos Anda di sekitar niche yang sudah Anda kenal bisa menjadi taruhan aman untuk berhasil dalam cetak berdasarkan permintaan.
Bayangkan jika Anda suka berolahraga. Ini berarti Anda menghabiskan banyak waktu luang Anda di gym dan mungkin juga menjadi bagian dari komunitas online orang-orang dengan minat serupa (misalnya, di Reddit atau Facebook).
Anda mengetahui meme terbaru, melihat jenis pakaian yang populer di gym, dan mengetahui semua aspek utama kebugaran dan bodybuilding. Semua informasi ini menciptakan dasar yang kokoh untuk bisnis kaos Anda.
Mengetahui audiens target Anda adalah kunci untuk merancang produk terlaris dan memasarkannya secara online. Apapun hobi atau minat yang Anda miliki, periksa seberapa baik toko cetak berdasarkan permintaan lainnya yang berperforma di niche tersebut, dan Anda mungkin menemukan pasangan yang sempurna.
Baca juga: DTF Printing vs Sublimasi: Metode Mana yang Harus Anda Pilih?
2. Pilih Niche yang Unik yang Akan Menghasilkan Keuntungan
Mengikuti rute yang aman dan dikenal tidak selalu menghasilkan. Jika niche yang paling nyaman bagi Anda tidak berperforma baik atau memiliki banyak persaingan, berikan pelanggan potensial sesuatu yang unik.
Ini bisa menjadi pendekatan segar terhadap topik populer atau desain yang sepenuhnya unik dalam suatu niche kaos yang sudah agak basi.
Misalnya, jika itu adalah acara TV yang ingin Anda bangun sebagai niche Anda, Anda bisa membuat kaos dengan karakter-karakternya diilustrasikan dalam gaya anime. Apapun niche yang Anda pilih, Anda perlu mengevaluasi potensinya sebelum menghabiskan waktu berharga Anda untuk membangun dan mengembangkan toko Anda.
3. Evaluasi dan Uji Niche
Setelah Anda memilih beberapa niche kaos untuk bisnis cetak berdasarkan permintaan Anda, saatnya untuk mengevaluasi potensi keberhasilan mereka secara nyata.
Mulailah dengan pergi ke Google Trends dan teliti seberapa populer pasar niche Anda. Alat ini memungkinkan Anda menyesuaikan lokasi dan waktu pencarian Anda untuk melihat topik mana yang sedang naik daun dan mendapatkan wawasan demografis dan geografis yang berharga.
Selanjutnya, Anda dapat pergi ke pasar online seperti Etsy dan meneliti seberapa baik produk dalam niche Anda laku. Jika Anda melihat beberapa persaingan, itu tidak selalu tanda buruk – itu berarti pelanggan mencari produk tersebut, dan ada potensi untuk menghasilkan uang.
Namun, jika pencarian Anda tidak mendapatkan hasil sama sekali atau jika itu membawa ratusan produk serupa, niche itu mungkin tidak layak waktu Anda.
Jika Anda merasa telah menemukan pemenang di daftar niche Anda, coba dan uji kinerjanya. Penelitian hanya dapat membawa Anda sejauh ini – untuk melihat apakah suatu niche layak untuk Anda, Anda perlu mulai menjual.
Baca juga: Tren Warna Pantone 2024: Kelembutan Peach Fuzz dan Pesona Gemas
Pentingnya Memilih Niche Kaos
Setelah menjelajahi daftar panjang niche kaos yang sedang tren dan menguntungkan, apakah Anda masih bertanya-tanya mengapa menargetkan niche tertentu itu penting?
Ada tiga faktor penting yang berperan.
1. Berbeda dari Persaingan
Meskipun beberapa niche kaos memiliki lebih banyak persaingan daripada yang lain, ada uang yang bisa dihasilkan di semua dengan pendekatan yang tepat. Selalu ada kemungkinan untuk membawa sesuatu yang unik ke meja, dan setiap niche memiliki beberapa kategori untuk diperluas.
Banyak tergantung pada pendekatan pemasaran dan penjualan yang Anda gunakan pada pelanggan potensial. Anda dapat menjual lebih banyak di niche yang sudah jenuh dengan mendalam ke berbagai sub-niche.
2. Menggunakan Margin Keuntungan yang Lebih Tinggi
Semakin baik Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda dengan basis pelanggan tertentu, semakin tinggi harga yang dapat Anda tetapkan untuk produk Anda.
Jika toko Anda menarik pelanggan yang menyukai desain dan produk Anda, mereka tidak akan keberatan mengeluarkan lebih banyak uang untuk kaos. Yang perlu Anda lakukan hanyalah konsisten dengan kualitas desain dan cerita di balik produk Anda.
3. Terhubung Lebih Baik dengan Audiens Target
Untuk menjual lebih banyak produk, Anda perlu memiliki hubungan dekat dengan pelanggan target Anda. Sebuah niche dapat memberikan Anda hal itu.
Alih-alih menjadi sesuatu untuk semua orang, Anda bisa menjadi segalanya bagi seseorang. Mengetahui apa yang disukai dan diminati pelanggan Anda dapat membantu Anda membuat produk yang dibuat khusus untuk mereka.
Ketika berbicara tentang kaos, orang membuat sebagian besar pembelian mereka atas dasar emosional – pelanggan menyukai desain, warna, atau pesan di balik produk. Menargetkan sebuah niche memungkinkan Anda membentuk ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan potensial Anda.